Banyak Jalan Kaki Akan Hindarkan Pikun di Usia Senja

jalan kaki

Berjalan kaki bisa dikategorikan sebagai olahraga ringan dan murah, namun jarang dilakukan oleh masyarakat modern. Kemudahan transportasi seperti angkutan kota, sepeda motor, dan mobil membuat orang malas dan lebih memilih memakai sarana transportasi yang memanjakan tersebut.

Padahal manfaat berjalan kaki untuk kesehatan sangat banyak, lho. Dengan berjalan, maka aliran darah Anda lebih lancar mengalir, dan membuat kesehatan jantung terjaga. Sebuah penelitian terbaru juga mengungkap bahwa jalan kaki dapat menguatkan kemampuan otak dalam mengingat.

Peningkatan kemampuan otak ini jelas bermakna positif sekali bagi manusia, termasuk untuk mencegah kepikunan bagi orang dewasa dan usia senja. Selain itu, berjalan kaki pun dapat meningkatkan kemampuan panca indera, sekaligus menenangkan pikiran.

Ditulis dalam situs Health Me Up, seseorang yang gemar berjalan juga sedikit mengalami masalah berat badan, dan tekanan darahnya cenderung stabil. Jadi tak hanya bermanfaat bagi fisik, untuk kognitif juga berjalan akan memberi efek positif.

Metode penelitian yang digunakan oleh ilmuwan tersebut adalah dengan pengamatan pada 25 orang dengan penyakit Alzheimer, serta sejumlah 39 orang yang tidak bermasalah dengan kognitifnya.

Kebiasaan berjalan kaki yang dimiliki oleh partisipan memberi fakta bahwa mereka lebih terhindar dari stroke, nyeri sendi, stres, serta memiliki jumlah hormon endorfin yang lebih banyak ketimbang partisipan yang tidak gemar berjalan kaki.

Resiko terkena penyakit degeneratif otak semisal Alzheimer serta demensia pun jauh lebih rendah ketimbang orang yang tidak suka berjalan. Dengan memilih lokasi berjalan kaki yang sejuk, segar dan nyaman, Anda pun bisa membantu merilekskan pikiran dan membantu atasi insomnia.

Advertisements
Banyak Jalan Kaki Akan Hindarkan Pikun di Usia Senja | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better