Bakteri Probiotik Meningkatkan Kesehatan Tubuh Lewat Perut

yoghurt

Bakteri probiotik yang sekarang ini banyak dikemas dalam bentuk makanan maupun minuman memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Dari bakteri tersebut bahkan memengaruhi banyak sisi kesehatan. Contohnya strain bakteri usus telah dikaitkan dengan kemampuannnya memberikan bantuan terhadap masalah di pencernaan, infeksi saluran pernapasan, sampai gangguan di kulit.

Sifat bakteri ini adalah fasilitator. Strain bateri usus akan memodifikasi aktivitas bakteri usus lainnya sehingga nantinya dapat bekerja secara optimal dalam menyehatkan tubuh.
Untuk membuktikan pengaruh bakteri tersebut, studi dari University of Maryland School of Medicine melakukan pengujian terhadap bakteri Lactobacillus rhamnosus GG (LGG). Bateri ini diyakini mampu meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit.

“Spesies bakteri ini memiliki reputasi untuk menjadi benar-benar berguna bagi manusia,” kata Claire Fraser, profesor kedokteran di universitas tersebut seperti dikutip Times of India.
“Jadi kami ingin lebih memahami bagaimana mungkin (bakteri) bekerja di usus manusia,” tambahnya.

Dalam studi dilibatkan 12 peserta yang diberikan bakteri LGG dua kali dengan menelannya. Konsumsi LGG dilakukan secara rutin hingga 28 hari. Peneliti menganalisa bakteri di usus sebelum dan setelah rejimen tersebut.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi LGG mengalami beberapa perubahan. Misalnya terjadi peningkatan beberapa gen yang ikut mendorong perkembangan beberapa jenis bakteri usus yang menguntungkan seperti Bacteroides, Eubacterium, Faecalibacterium, Bifidobacterium dan Streptococcus.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal mBio.

Advertisements
Bakteri Probiotik Meningkatkan Kesehatan Tubuh Lewat Perut | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better