Awas! Youtube Tampilkan Iklan Berbahaya, Kata Peneliti

Youtube

Perusahaan keamanan Trend Micro mengungkap jika iklan berbahaya atau ‘malicious advertisements’ ditampilkan di slot ads laman Youtube. Sejumlah iklan itu telah ‘menginfeksi’ 113.000 user di Amerika Serikat.

Ratusan ribu netizen negeri ‘Abang Sam’ telah terjangkit iklan berbahaya tersebut dalam tempo kurang dari satu bulan. Meskipun perusahaan iklan online telah mencoba deteksi dan blokir iklan itu dari jaringan mereka, namun tidak sedikit yang mampu lolos.

“Ini merupakan perkembangan yang mengkhawatirkan. Tidak hanya iklan berbahaya muncul di Youtube, iklan hinggap di video dengan lebih dari 11 juta views khususnya video musik yang diunggah oleh label rekaman, kata Joseph Chen peneliti Trend Micro.

Di blog Trend Micro tertulis jika pengguna yang melihat iklan di dua server di Belanda kemudian diarahkan ke server berbahaya yang berlokasi di Amerika Serikat. Imbasnya, ada empat kerentanan yang mempengaruhi Internet Explorer, Java, dan aplikasi Flash dari Adobe.

Jika serangan itu berhasil, malware yang dideteksi dari keluarga ‘KOVTER’ akan ‘memeras’ korban. Serangan mencoba mengenkripsi file atau menipu user dengan ancaman tertentu yang pada akhirnya digiring guna membayar denda.

Malware ‘KOVTER’ di-host di subdomain dari situs pemerintah di Polandia yang telah diretas. Hacker juga mengubah informasi DNS di situs tersebut dengan menambahkan subdomain ke server mereka sendiri.

Advertisements
Awas! Youtube Tampilkan Iklan Berbahaya, Kata Peneliti | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better