Awas, Penyakit Ini Disebarkan Oleh Hewan Peliharaan

hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan memang bisa bikin bahagia, serta mampu mengusir stres hanya dengan mengelus-elus bulu dan bermain dengannya. Namun dibalik kesenangannya itu, ada resiko kesehatan yang mengintip akibat penyakit yang mungkin ditularkan melalui hewan tersebut. Misalnya melalui liur hewan, bulunya, atau kotoran mereka.

Memang tak semua hewan peliharaan beresiko menularkan penyakit. Jika kebersihan dan kesehatannya selalu dipantau, maka resiko akan lebih kecil tentu saja. Akan tetapi waspada tentu lebih baik, bukan.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kepada manusia, seperti dilansir oleh situs Merdeka:

Penyakit ini juga disebut avian influenza, yang disebabkan oleh penularan virus H5N1 dari unggas seperti burung, ayam, bebek, dan sejenisnya. Manusia bisa tertular jika melakukan kontak langsung dengan hewan yang menderita sakit. Pencegahannya adalah dengan memusnahkan hewan yang sakit, serta menjauhi bersentuhan langsung dengan hewan unggas.

Rabies ditularkan oleh anjing, kucing, kera, dan beberapa jenis hewan lain. Cara penularan adalah dengan gigitan hewan yang terinfeksi virus Rhabdoviridae. Untuk pengobatan atau pencegahan ada vaksin rabies yang bisa didapat di rumah sakit. Jika Anda mengalami gigitan dari hewan yang dicurigai mengidap rabies, maka segera cuci bekas luka dengan air mengalir dan alkohol hingga bersih, lalu datangi rumah sakit terdekat untuk memperoleh vaksin.

Hewan ternak yang dapat menularkan penyakit dari bakteri Brucella ini adalah sapi, kambing, biri-biri, domba, dan babi. Gejala awal sakit bruselosis ditandai dengan demam naik turun panas, nyeri otot, nyeri sendi. Bakteri bisa menular melalui luka di kulit, debu yang berada di peternakan, atau memakan daging hewan yang terkontaminasi.

Penyakit ini banyak ditakuti wanita sebab dapat membuat sulit hamil, atau berakibat cacat pada janin. Penyebabnya adalah parasit bernama Toxoplasma gondii, yang hidup di kotoran kucing atau bulu kucing peliharaan. Untuk penyembuhan penyakit toksoplasmosis cukup memakan waktu, sehingga menjauhi kucing sementara jika Anda berencana untuk hamil, akan lebih baik.

Advertisements
Awas, Penyakit Ini Disebarkan Oleh Hewan Peliharaan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better