Awas, Bahan Kimia dalam Shampo Bisa Picu Kanker

shampo

Sadarkah Anda bahwa berbagai bahan pembersih tubuh semisal shampo, pasta gigi, obat kumur mulut, dan masih banyak lagi yang digunakan setiap hari itu merupakan bahan kimia. Sudah pasti akan ada efek yang ditimbulkan, kecil atau besar, jika kita memakainya dalam jangka waktu lama. Salah satunya adalah resiko timbulnya jenis penyakit seperti kanker atau lainnya.

Dilansir oleh laman Dailymail, bahan pembuat shampo salah satunya bernama triclosan adalah jenis bahan kimia aktif yang bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan apabila secara kontinyu dipakai dalam waktu lama.

Triclosan sendiri adalah zat antikuman. Namun bahan kimia ini telah berada di bawah pengawasan badan pengawas obat dan pangan Amerika (FDA) karena disinyalir mampu mengganggu kesehatan hormon dan merusak kontraksi otot,” tulis jurnal penelitian tersebut.

Pernyataan itu diluncurkan berdasarkan hasil studi yang dilakukan dan diterbitkan pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

Triclosan disebut-sebut dapat memicu fibrosis hati serta kanker yang diuji cobakan pada tikus penelitian. Fibrosis hati merupakan gejala peradangan yang berlaku di jaringan fibrosa. Ini adalah jaringan di sekitar sel hati serta pembuluh darah.

Peradangan ini apabila dibiarkan bisa memicu sirosis hati, dan lama kelamaan mengganggu fungsi kerjanya. Triclosan tak hanya bisa dijumpai pada shampo, namun juga pada sabun tangan. Mengurangi pemakaian berbagai bahan kimia adalah solusi dari mencegah munculnya penyakit berbahaya.

Advertisements
Awas, Bahan Kimia dalam Shampo Bisa Picu Kanker | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better