Asus Siap Rakit Ponsel di Batam

Asus PadFone S PlusAsus PadFone S Plus

Asus dikabarkan telah siap merakit smartphone andalannya di Batam dengan menggandeng mitra lokal. Hal ini dilakukan menyusul adanya aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam negeri) hingga 40% untuk smartphone 4G yang akan diterapkan oleh pemerintah di masa depan. Asus berani menjamin kualitas smartphone rakitan tersebut setara dengan smartphone global.

“Kualitasnya bakal sama, karena ada orang-orang kita yang training di sini untuk make sure kualitasnya sama,” ujar Juliana Chen Country Product Group Leader Asus Indonesia, seperti yang dilansir dari Detik (21/04/2015).

Asus menggandeng mitra lokal PT Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam untuk merakit Zenfone di masa mendatang. Juliana menambahkan bahwa biaya produksi ponsel rakitan tanah air lebih mahal ketimbang impor langsung, tetapi pihaknya mengusahakan agar harganya tetap. Sebaliknya, masalah ini juga menjadi PR bagi pemerintah karena seharusnya rakitan lokal lebih murah dari impor langsung.

Asus sendiri baru saja meluncurkan smartphone Zenfone 2 yang menawarkan performa tinggi berkat dukungan prosesor Intel Z3580/Z3560 quad-core yang berlari dengan kecepatan 2,33GHz yang dipadukan dengan memori RAM 4GB/2GB dan didukung grafis dari PowerVR G6430. Kinerja yang ditawarkan jelas di atas Zenfone generasi pertama.

Kelebihan utama smartphone Zenfone 2 adalah sektor kamera dengan mengandalkan resolusi 13 megapiksel autofokus dengan aperture f/2.0 lengkap dengan hadirnya dual-tone LED flash dan didukung oleh kamera depan berkekuatan 5 megapiksel untuk video call, serta foto selfie. Kamera Zenfone 2 ini juga dibekali dengan mode manual dan HDR.

Sebelumnya, merek lokal Polytron juga telah menanggapi serius masalah aturan TKDN ini dan mengungkapkan bahwa TKDN smartphone Zap 5 andalannya telah mencapai 35%. Hal ini diharapkan dapat diikuti oleh vendor smartphone lainnya yang eksis di pasar Indonesia. Belakangan ini, Xiaomi juga tengah mencari partner untuk merakit ponselnya di Indonesia.

Advertisements
Asus Siap Rakit Ponsel di Batam | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better