ASI Dapat Melindungi Bayi Prematur dari Penyakit Usus Berbahaya

bayi diperiksa

Bayi prematur masih memungkinkan lebih sehat fisiknya dengan pemberian air susu ibu (ASI) secara rutin. Studi terbaru menunjukkan, ASI ternyata mampu melindungi bayi premature dari penyakit usus yang parah. ASI mampu menangkal perkembangan dari necrotizing enterocolitis (NEC). NEC merupakan gangguan usus berbahaya dan telah menjangkiti sekitar 12 persen dari bayi yang lahir prematur.

Demikian dikutip dari Tmes of India, pemberian ASI meningkatkan kualitas hidup untuk bayi prematur. Kesempatan untuk terus hidup dari bayi yang terkena NEC dan diberi bantuan ASI adalah satu berbanding empat. Dalam ASI terdapat zat yang dinamakan faktor pertumbuhan epidermal (EGF) yaitu blok aktivasi protein yang bertugas membuka kaskade kekebalan perusak yang bermuara pada NEC.

NEC jika tidak ditangani dapat berakibat fatal. Bayi prematur yang terjena NEC sangat berisiko mengalami kematian yang cukup cepat. Jaringan usus yang bermasalah harus segera diobati agar tidak sampai menimbulkan kematian pada bayi.

Studi yang dipimpin oleh David Hackam, MD, Ph.D. ini menggunakan media tikus percobaan untuk melihat pengaruh ASI pada bayi tikus yang lahir prematur. Selama ini terapi NEC dilakukan dengan operasi untuk mengangkat usus yang terinfeksi, atau necrotizing, dari usus bayi. Hanya saja kemungkinan efek sampingnya terjadi dalam jangka panjang seperti sindrom usus pendek. Hal tersebut memerlukan dukungan nutrisi makanan yang lebih intens lantaran terjadi penurunan kemampuan menyerap nutrisi secara cukup.

Sementara itu,temuan dari University of Pittsburgh Medical Center ini membuka wacana bahwa EGC yang terdapat dalam ASI mampu mencegah terjadinya NEC dengan dua cara, yaitu mencegah sel-sel usus mati dan memulihkan pertumbuhan sel baru yang mendukung kesembuhan usus. Peneliti menyarankan pemberian ASI secara kontinyu untuk bayi prematur.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal Mucosal Immunology.

Advertisements
ASI Dapat Melindungi Bayi Prematur dari Penyakit Usus Berbahaya | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better