ARM: Prosesor Cortex-A72 Tawarkan Performa Setara Intel Core M

ARM Cortex-A72ARM Cortex-A72

Baru-baru ini ARM meluncurkan pernyataan bahwa prosesor Cortex-A72 mampu memberikan performa komputasi setara Inte Core M generasi Broadwell. Seperti yang kita ketahui, ARM telah memperkenalkan arsitektur prosesor Cortex-A72 awal tahun ini bersama pengolah grafis Mali-T880. ARM Cortex-A72 diklaim menawarkan peningkatan performa yang signifikan dari pendahulunya.

ARM juga mengatakan bahwa Cortex-A72 merupakan SoC (System on Chip) tercepat saat ini dan mampu memberikan performa sekelas dengan Intel Core M. Kehadiran Cortex-A72 ini menjawab tantangan pasar mobile baik smartphone maupun tablet yang membutuhkan kinerja tinggi, tetapi konsumsi daya yang rendah.

ARM Cortex-A72 adalah arsitektur prosesor terbaru yang mengusung set instruksi ARMv8-A 64-bit yang memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi 32-bit tanpa masalah. Sejatinya, ARM Cortex-A72 adalah penerus dari Cortex-A57 yang saat ini digunakan pada chipset kelas atas.

Prosesor ARM Cortex-A72 diklaim memiliki kinerja 3,5x lebih cepat dibandingkan dengan Cortex-A15. Tak hanya soal performa, ARM juga telah meningkatkan efisiensi konsumsi daya Cortex-A72 dan diklaim menggunakan daya 75% lebih sedikit dibandingkan dengan Cortex-A15 pada beban tugas yang sama, ini sebuah angka yang fatastis.

Tak hanya itu, ARM juga mengatakan bahwa prosesor Cortex-A72 ini kompatibel dengan telnologi litografi terbaru TSMC 16 nm FinFET+. ARM juga menambahkan bahwa prosesor Cortex-A72 akan menawarkan kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang sangat efisien jika ditandemkan dengan prosesor Cortex-A53 dalam konfigurasi big.LITTLE.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (24/04/2015), prosesor Cortex-A72 ini nantinya akan menggantikan posisi Cortex-A57 yang saat ini banyak digunakan oleh chipset masa kini, sebut saja Samsung Exynos dan Qualcomm Snapdragon.

Advertisements
ARM: Prosesor Cortex-A72 Tawarkan Performa Setara Intel Core M | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better