Apple Rilis Update Bash Mac OS X, Perbaiki Bug ShellShock

Update Bash Mac OS XUpdate Bash Mac OS X

Apple telah merilis update Bash untuk menutup celah keamanan dan memperbaiki buh Shell Shock pada tiga versi sistem operasi andalannya, Max OS X 10.7 Lion, Mac OS X 10.8 Mountain Lion, dan Mac OS X 10.9 Mavericks. Sebelumnya Apple juga sempat mengatakan bahwa Mac OS X aman dari bug Shell Shock untuk membuat pengguna sistem operasinya tidak panik.

Bug Shell Shock menimbulkan celah keamanan serius pada Bash ini ditemukan oleh Stephane Chazelas dan bug ini ada pada command shell versi 1.14 hingga versi 4.3. Diperlukan waktu lebih dari dua puluh tahun atau dua dekade untuk menemukan bug Shell Shock pada Bash yang digunakan oleh sistem operasi Linux dan Mac OS X.

Meski mengatakan bug Shell Shock tidak mengancam keamanan pengguna Mac OS X, Apple tetap merilis update bash untuk tiga versi sistem operasi Mac OS X. Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini memandang perlu untuk merilis update untuk memastikan keamanan pelanggannya.

“Bash, perintah shell UNIX dan bahasa termasuk dalam OS X, memiliki kelemahan yang dapat memungkinkan pengguna yang tidak sah untuk mengontrol jarak jauh sistem yang rentan. Dengan OS X, sistem yang aman secara default tidak terkena eksploitasi remote dari bash kecuali pengguna mengkonfigurasi layanan canggih UNIX.”

“Masalah ada di parsing Bash variable environment. Masalah ini ditujukan untuk peningkatan parsing variable environment dengan lebih baik mendeteksi akhir dari pernyataan sebuah fungsi. Update ini juga dimasukkan perubahan CVE-2014-7169 yang disarankan, yang me-reset parser state,” pernyataan resmi dari Apple.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (30/09/2014), Apple tidak menjelaskan secara detail mengenai rilis update bash tersebut. Pembesut iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ini mengatakan bahwa update ini adalah perbaikan dan penurupan lubang keamanan pada bash UNIX shell.

Advertisements
Apple Rilis Update Bash Mac OS X, Perbaiki Bug ShellShock | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better