App Store Tidak Lagi Sediakan Aplikasi Gratis, Apple Hapus Label Free

Apple

Apple menghapus label “free’ di App Store. Dengan demikian toko aplikasi tersebut tidak lagi sediakan aplikasi gratis. Apakah ini berarti semua aplikasi di App Store berbayar? Ternyata tidak. Penghapusan label “free” ternyata diikuti dengan kelahiran label “get”. Seperti apa?

Pengubahan label ini ditengarai sebagai cara “licik” untuk mengakali jeratan hukum di Eropa. Komisi perdagangan Eropa meminta Apple untuk tidak menawarkan game gratis bisa di dalamnya miliki unsur berbayar (in-app purchase).

Game jenis tersebut biasanya disebut dengan istilah freemium. Download dan main memang gratis. Namun, di dalam game ditawarkan item-item khusus yang bisa diperoleh atau dibeli dengan uang sungguhan. Patut diketahui jika “kecelakaan” transaksi kerap terjadi di konsep in-app purchase ini.

Label “free” dirasa menjebak konsumen. Jika bagi orang dewasa mungkin bisa dengan mudah mengerti akan situasinya. Namun, ini tidak berlaku bagi kalangan anak-anak. Satu korban, bocah lima tahun habiskan USD 66 setelah membeli sejumlah item di permainan Marvel Run Jump Smash!

Mereka mungkin belum mengerti jika apa yang di-tap, apa yang dibeli diperoleh dengan uang riil. Pada Juni 2014, komisi perdangan Eropa mendesak Apple untuk mengubah aturan pembelian item di dalam aplikasi. Ini juga termasuk sistem pembayaran di App Store.

Google di Play Store miliki sistem berbeda. Jika terjadi transaksi item atau pembelian aplikasi, pengguna diwajibkan memasukkan kata sandi. Jika perangkat dipegang anak, kini orangtua tidak perlu was-was. Kecuali, sang anak tahu email dan password Google orangtua mereka.

Advertisements
App Store Tidak Lagi Sediakan Aplikasi Gratis, Apple Hapus Label Free | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better