Apartemen Green Pramuka City Fokus pada Segmen Menengah

SilangHati.com – Lewat Green Pramuka City yang berlokasi di Jakarta, PT Duta Paramindo optimis untuk tetap fokus menyediakan hunian terbaik untuk masyarakat kelas ekonomi menengah. Rudy Herjanto selaku Dirut Duta Paramindo Sejahtera juga bilang, bahwa terdapat dua alasan yang mendasari perusahaan dalam menyasar segmen menengah tersebut.

“Pertama, kami merasa bahwa segmen menengah serta menengah ke bawah adalah lapisan yang paling tebal. Tentu saja kalau dibandingkan dengan segmen kelas atas. Kedua, kami juga turut mendukung program Pemerintah Daerah DKI Jakarta untuk menyediakan hunian layak dengan harga yang sangat terjangkau,” jelasnya pada wartawan Bisnis.com.

Tuturan tersebut disampaikan oleh Rudy Herjanto dalam rangka penandatanganan kerja sama antara Perum Damri dengan PT Duta Paramindo Sejahtera hari Senin tanggal 15 Juni 2015 yang lalu. Untuk lahan seluas 12,9 hektare, perusahaan memiliki rencana untuk membangun 17 tower hunian vertikal dengan sasaran segmen menengah. Tiap tower-nya ada 750-1000 unit.

lokasi strategis apartemen green pramuka city

Masyarakat dengan perekonomian kelas menengah itu seperti apa? Berdasarkan ketentuan Bank Dunia, masyarakat kelas menengah itu rata-rata memiliki penghasilan antara 26.000 sampai 260.000 per hari. Rata-rata, masyarakat kelas menengah berada di perkotaan. Sebagian besar bekerja dalam sektor jasa maupun industri secara profesional.

Beberapa kalangan menengah lebih memilih sektor usaha mandiri secara informal dalam sekop yag lebih kecil. Di Indonesia sendiri kelas menengah hingga ke bawah itu masih sangat mendominasi. Itulah kenapa PT Duta Paramindo menarget khusus untuk konsumen dari kelas menengah, soalnya ditinjau dari penghasilannya sangat terjangkau untuk bekerja sama.

Tentunya penghasilan senilai 26.000-260.000 per hari tersebut tidak bersifat tetap. Ketentuan tersebut bisa dipengaruhi oleh deflasi maupun inflasi dalam negara-negara di dunia. Bisa saja dalam waktu mendatang ketentuannya berubah. Begitu pula dalam tataran negara maju. Barangkali penghasilan 26 ribu termasuk kalangan bawah.

Dalam rangka pengembangan tiap tower, pihak perusahaan butuh dana sekitar 250 miliar Rupiah hingga 300 miliar Rupiah. Sementara itu, pembangunan tower 1-4 sudah selesai dan diserah-terimakan. Perusahaan menargetkan ada pembangunan tower 5-8 untuk tahun ini. Jadi, proses serah-terima bisa dilakukan secara bertahap sepanjang tahun 2016.

Seorang Manajer Pemasaran Green Pramuka City, Andreas C.Y. juga menambahkan bahwa tower 5-7 sudah habis terserap oleh pasar. Sementara untuk tower 8 baru terjual senilai 30% sejak pertama kali dilepas pada awal tahun. Pada bulan Agustus 2015, tepatnya pasca Lebaran, tower 9 akan diluncurkan.

Saat Lebaran usai, tentunya para pekerja di ranah perkotaan akan melakukan aktivitas seperti biasanya. Kemungkinan unit bangunan yang terserap juga lebih tinggi daripada hari-hari biasa. Pihak pengelola kawasan selalu mempertimbangkan kualitas bangunan ketika hendak meluncurkan tower baru beserta unit bangunannya.

“Target perusahaan adalah tower 8 dan 9 bisa terserap hingga 90% sampai akhir tahun,” pungkasnya. Terdapat dua tipe yang dipromosikan oleh perusahaan, yakni studio seharga 400 juta Rupiah dan juga 2 kamar tidur yang memiliki harga 550 juta Rupiah. Padahal, Green Pramuka City pada waktu pembukaan tahun 2010 harga per unitnya hanya 200 juta Rupiah.

Kenaikan harga per unit bangunannya tentu mengindikasikan bahwa kawasan Green Pramuka City amat diminati para calon penghuninya. Dibandingkan kualitas bangunannya, nominal 550 juta Rupiah masih lebih ringan.

Meskipun mengalami kenaikan 150%, menurut Andreas, perusahaan tetap fokus para segmen menengah. Pada waktu ini, hunian vertikal sudah memiliki 7.000 pembeli dan penghuninya sekitar 6.000 orang. Tentu dengan rincian 80% komposisi pembeli berasal dari pemakai. Sementara 20%-nya berasal dari kalangan investor.

Advertisements
Apartemen Green Pramuka City Fokus pada Segmen Menengah | Silang Hati | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better