Apa yang Ditakutkan Pengguna Internet Ketika Online?

Warnet

Kaspersky Lab dan B2B Internasional lakukan penelitian untuk menggali salah satu kekhwatiran terbesar pengguna internet saat beraktivitas online. Dari sejumlah rasa was-was tersebut, perlindungan privasi dan identitas adalah momok yang paling membuat cemas.

Kaspersky menyoroti akan ketersediaan akses WiFi gratis yang seringkali dijumpai di sejumlah lokasi macam restoran atau kafe. Ini sedianya adalah nilai plus yang ditawarkan bagi pelanggan mereka. Namun, ada satu hal yang semestinya patut diwaspadai.

Pasanya, WiFi gratis atau mudah diakses publik sangat rentan akan ancaman siber, terutama bagi akses WiFi hotspot yang terbuka. Jimmy Fong, Channel Sales Director of Kaspersky Lab Asia Tenggara bertutur bila tradisi pengunjung ke kafe ber-WiFi sangat berbeda.

“Biasanya kalau kita ke kafe yang ditanyakan bukan menunya dulu, tetapi kata sandi Wi-Fi,” uangkapnya pada Antara dikutip Kamis (9/10).

Ditambahkannya, skenario WiFi terbuka untuk publik sangat rentan terhadap ancaman cyber. Di tangan penjahat, WiFI terbuka bisa jadi alat guna mencegat data user seperti login ID atau bahkan kata sandi. Setiap tahunnya Kasapersky Security Network mencatat lebih dari 137.000 situs phishing baru yang diciptakan untuk menipu user agar serahkan data pribadi serta keuangan.

Sementara Dony Koesmandarin, Business Development Manager Kasapersky Indonesia bertutur jika menggunakan akses WiFi gratis yang mudah diakses publik miliki risiko tinggi terkait keamanan. Kekhawatiran netizen saat online lainnya yakni diketahuinya data personal, keuangan, dan keselamatan anak mereka.

“Jika menggunakan Wi-Fi yang dengan mudah diakses publik, sekitar 40 persen punya resiko tinggi untuk diambil datanya,” imbuh Donny.

Advertisements
Apa yang Ditakutkan Pengguna Internet Ketika Online? | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better