Aneka Manfaat Konsumsi Kaldu bagi Tubuh

kaldu

Kaldu umumnya terbuat dari bahan daging sapi, ayam, tulang-tulang kedua hewan tersebut serta tambahan sayuran seperti wortel yang direbus hingga mendidih dan sari-sarinya keluar. Kaldu bisa ditambahkan ke berbagai jenis masakan, untuk memberi aroma rasa gurih, dan sedap. Sangat nikmat dikonsumsi saat suasana dingin, musim hujan, atau bagi orang yang sedang sakit.

Manfaat mengonsumsi kaldu cukup banyak, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kaldu adalah cairan yang sangat sehat dikonsumsi. Dilansir oleh laman care2.com, berikut ini adalah manfaat kaldu bagi tubuh:

Kaya mineral

Bahan pembuat kaldu memiliki kandungan berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, serta fosfor. Jika kaldu dibuat dari tulang kaki ayam, maka ada kandungan gelatin, kolagen, dan asam amino esensial yang dibutuhkan bagi berbagai sistem kerja tubuh dan mudah diserap.

Berbagai mineral yang dikandung oleh kaldu sangat baik untuk kesehatan pencernaan, serta meningkatkan sistem metabolisme. Usus pun mudah menyerap mineral dan nutrisi yang ada dalam kaldu tanpa perlu susah payah mencerna.

Kolagen dalam kaldu akan membuat elastisitas kulit jadi lebih baik. Selain itu juga ada asam amino glisin, prolin yang semua membantu mempercantik kulit, mencegah keriput, selulit dan kulit kendur.

Mengonsumsi kaldu juga dapat mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Ada zat anti inflamasi yakni glycine yang bermanfaat mendetoks organ hepar. Juga proline yang berfungsi menjaga tulang, tendon, ligamen, dan otot agar tak cedera.

Kaldu baik dikonsumsi saat musim hujan atau saat Anda mengalami influenza, sebab ia dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Olah sendiri kaldu yang hendak Anda konsumsi, dan jangan gunakan kaldu instan. Manfaatnya tentu berbeda.

Advertisements
Aneka Manfaat Konsumsi Kaldu bagi Tubuh | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better