Andy Rubin, Pembuat OS Android Tinggalkan Google

Andy RubinAndy Rubin

Andy Rubin, pembuat sistem operasi Android secara resmi telah meninggalkan Google. Berdasarkan informasi dari The Wall Street Journal, Andy Rubin dan Google telah mengonfirmasi hal tersebut. Lalu apa alasan Andy Rubin meninggalkan Google yang selama ini telah membesarkannya bersama sistem operasi Android?

Setelah mundur dari jabatan pemimpin proyek Android dan diambil alih oleh Sindar Pinchai, Andy Rubin kemudian mengelola proyek divisi robotika Google. Namun hal ini hanya bertahan 19 bulan dan pencipta sistem operasi Android ini memutuskan untuk mengundurkan diri dan meninggalkan Google.

Berdasarkan informasi yang beredar, Andy Rubin kabarnya tertarik untuk membangun startup yang bergerak di bidang perangkat keras. Tampaknya perangkat keras yang dimaksud oleh Andy Rubin ini adalah robotika, tetapi informasi ini belum mendapat konfirmasi.

Kembali pada Maret 2013 lalu, Andy Rubin mengumumkan bahwa pihaknya telah mundur dari pemimpin proyek sistem operasi Android yang dibuatnya. Ia mengatakan bahwa dirinya memiliki jiwa enterpreneur dan saat itu adalah waktu yang tepat meninggalkan Android dan memulai bab baru di Google. Kini Andy Rubin juga memulai bab baru dengan meninggalkan Google.

Android sebenarnya memang tak lahir dari Google karena sistem operasi ini sudah dikembangkan sejak Oktober 2003 oleh insinyur Andy Rubin yang merupakan pencinta avid robot, tak heran sistem operasi ini disebut Android. Sistem operasi Android ini awalnya dikembangkan untuk membidik kamera digital, bukan smartphone seperti sekarang ini.

Sayangnya, ditengah pengembangan platform dan sistem operasi Android ini tim kecil yang dipimpin oleh Andy Rubin ini kehabisan dana dan proyek terhenti sementara. Andy Rubin kemudian mendatangi Samsung untuk menawarkan tentang proyek sistem operasi Android. Namun, Samsung malah menertawakan ide Andy Rubin dengan sistem operasi Android-nya.

Beruntung bagi Andy Rubin dan tim kecilnya karena Google tertarik dan memutuskan untuk mengambil proyek sistem operasi Android yang dikembangkannya. Raksasa internet ini akhirnya menginvestasikan dana yang cukup besar untuk pengembangan Android, seperti yang dilansir dari Phone Arena (30/10/2014).

Advertisements
Andy Rubin, Pembuat OS Android Tinggalkan Google | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better