Android Masih Kuasai Pasar Mobile, Disusul iOS & Windows Phone

Pasar OS MobilePasar OS Mobile

Hingga bulan September 2014, sistem operasi Android masih mendominasi pasar mobile. Posisi kedua diduduki oleh Apple iOS dan disusul oleh Windows Phone besutan Microsoft. Harus diakui bahwa platform Android sangat sulit ditandingi dominasinya oleh para pesaing. Bahkan pesaing terdekatnya, iOS terpaut jauh pangsa pasarnya dengan Android.

Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh StatCounter menunjukkan bahwa Android sampai saat ini masih memimpin pasar mobile dengan menguasai 55,7% pangsa pasar. Sedangkan Apple iOS yang berada di posisi kedua hanya menguasai 24,73% pangsa pasar. Posisi ketiga diduduki oleh Windows Phone yang menguasai 2.29% pasar dan sangat dekat dengan Symbian dengan 2,18%.

Windows Phone memang akhir-akhir ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan berkat dukungan vendor yang lebih banyak dari tahun lalu. Tak kurang dari 20 vendor baru telah memutusukan untuk merilis produk smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows Phone. Namun tampaknya perkembangan Windows Phone belum benar-benar maksimal.

Android saat ini masih menduduki posisi puncak dan hal ini tidak mengherankan karena banyak vendor mayor yang menggunakan sistem operasi Android pada smartphone dan tablet andalannya. Belum lama ini Google telah meluncurkan sistem operasi Android 5.0 Lollipop versi terbaru yang akan menjadi penerus dari Android 4.4 KitKat.

Bagaimana dengan BlackBerry? Pangsa pasar BlackBerry belum menunjukkan adanya tanda-tanda peningkatan. Larisnya penjualan smartphone BlackBerry Z3 ini tidak serta merta mendongkrak popularitasnya. Tampaknya tak cukup hanya satu produk untuk mengembalikan kejayaan perusahaan asal Kanada tersebut.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (16/10/2014), Microsoft sendiri berencana untuk melakukan rebranding Windows Phone bersamaan dengan rilisnya Windows 10. Akankah strategi tersebut berhasil? Kita lihat saja perkembangannya.

Advertisements
Android Masih Kuasai Pasar Mobile, Disusul iOS & Windows Phone | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better