Alasan Bahwa Minyak Sayur Tak Sehat Dikonsumsi

minyak-sayur

Meminimalkan penggunaan minyak goreng saat mengolah masakan sangat disarankan oleh para pakar kesehatan. Sebagai alternatif, beberapa menyarankan untuk menggunakan minyak sayur sebagai penggantinya. Minyak sayur diklaim lebih sehat dan aman untuk kesehatan. Benarkah?

Sebuah artikel mengenai minyak sayur yang dilansir oleh laman Health Me Up menuliskan kenyataan yang bertolak belakang dengan pendapat tersebut. Minyak sayur ternyata tak sesehat yang disangka selama ini. Apa saja fakta tentang minyak sayur tersebut bisa Anda simak berikut ini:

Minyak sayur ternyata juga mengandung lemak trans. Ini adalah jenis lemak tak sehat yang memicu berbagai jenis penyakit kronis semacam penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan kanker.

Minyak sayur menurut beberapa studi memang mampu menurunkan kolesterol, akan tetapi juga mengandung lemak tak jenuh ganda. Lemak ini berakibat tingginya resiko sakit jantung bagi konsumen. Apalagi yang mengandung asam lemak omega 6, ia dapat teroksidasi dalam tubuh sehingga memicu peradangan dan mutasi sel. Ini salah satu sebab sakit jantung.

Minyak sayur dihasilkan melalui proses ekstraksi kimiawi yang kompleks. Hal ini berarti bahan kimia yang digunakan dan terkandung dalam minyak sayur lebih banyak ketimbang jenis minyak lain. Ada BHA dan BHT yang berfungsi mengawetkan minyak sayur. Resiko mengonsumsinya secara berlebih adalah kerusakan hati, infertilitas, serta penurunan sistem kekebalan tubuh.

Seebagai alternatif, disarankan mengganti minyak sayur dengan jenis minyak lain seperti minyak kelapa, minyak, zaitun, atau minyak kelapa sawit.

Advertisements
Alasan Bahwa Minyak Sayur Tak Sehat Dikonsumsi | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better