Akses WiFi di Pesawat, Penumpang Ini Bayar Rp 13 Juta

WiFi AirAsia

Akses WiFi saat ‘mengudara’ telah bisa dicicipi di sejumlah maskapai penerbangan tertentu salah satunya Singapore Airlines. Namun, penumpang ini kaget bukan kepalang setelah melihat jumlah tagihan yang wajib ia bayar. Pertanyaannya kemudian, mengapa sangat mahal sekitar Rp 13 juta?

Jeremy Gutsche, nama penumpang tersebut menggunakan layanan WiFi onboard tatkala terbang bersama Singapore Airlines dari Bandara Heathrow di London menuju Bandara Changi, Singapura pada Rabu (12/11).

Sepanjang perjalanan, ia di angkasa membuka browser dengan beberapa tab terbuka termasuk 155 surat elektronik. Singapore Airlines sendiri memasang tarif USD 28,99 atau sekitar Rp 353 ribu per paket data 30MB. Paket tersebut setara dengan 20 laman jejaring sosial berfoto, 50 laman web, 20 email, dan streaming musik 15 menit.

Namun ternyata, aktivitas Gutshe menghabiskan bandwith lebih dari 30MB. Alhasil, ia menerima tagihan tambahan sebesar USD 1.142 atau setara Rp 13 jutaan untuk kelebihan pemakaian data. Pihak maskapai sendiri menurut Gutshe telah berikan informasi jika data yang dikonsumsi telah melampaui 30MB. Namun, ia tidak menerima warning jika paket 30MB yang ia beli sudah hampir habis.

Ditambahkan Gutshe jika layanan internet di Singapore Airline juga sangat lambat. Ia mengaku membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk mengunggah berkas Power Point ukuran 4MB. Pihak Singapore Airline sendiri juga menyalahkan Gutshe yang diakuinya tertidur di pesawat sementara koneksi internet masih berjalan.

Advertisements
Akses WiFi di Pesawat, Penumpang Ini Bayar Rp 13 Juta | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better