Adobe Reader Tak Lagi Dukung OS Linux

Adobe Reader LinuxAdobe Reader Linux

Kabar kurang sedap bagi pengguna sistem operasi open-source Linux karena Adobe menghentikan dukungan aplikasi Adobe Reader untuk sistem operasi tersebut. Perusahaan tersebut bahkan telah menghilangkan nama Linux dari daftar sistem operasi yang didukung oleh Adobe Reader di website resminya. Mengapa dukungan Adobe Reader untuk Linux ini dihentikan?

Hingga berita ini diturunkan, tak ada keterangan atau pernyataan resmi dari perusahaan yang terkenal dengan perangkat lunak Creative Suite mengenai dihentikannya dukungan Adobe Reader di Linux. Banyak pihak yang menduga bahwa Adobe perlahan-lahan mulai menarik diri dari sistem operasi Linux dengan cara menghilangkan dukungan Linux dari produknya satu per satu.

Spekulasi di atas memang cukup kuat jika kita melihat fakta yang di lapangan. Adobe menarik dukungan Linux dari Adobe Air dan kini sudah tidak ada lagi. Adobe Flash Player tidak mendapatkan update versi terbaru sejak beberapa tahun yang lalu. Kini Adobe Reader tidak lagi menyantumkan nama Linux sebagai salah satu sistem operasi yang didukung.

Namun bagi pengguna Linux sejati, ada atau tidak ada aplikasi Adobe Reader bukanlah sebuah masalah besar. Linux memiliki banyak aplikasi alternatif dari Adobe Reader yang menawarkan fitur dan kemampuan yang tak kalah baik. Beberapa aplikasi alternatif dari Adobe Reader untuk Linux antara lain adalah Evince, Okular, Foxit, qpdfview, dan banyak lagi.

Adobe awalnya tertarik dengan sistem operasi Linux dengan menghadirkan beberapa aplikasi besutannya di platform open-source ini. Namun kini tanpa apalasan yang jelas, Adobe malah menarik kembali dukungannya dari Linux. Tampaknya Adobe sudah tidak lagi tertarik dengan Linux.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (29/09/2014), saat ini pengguna Linux masih dapat mengunduh versi terakhir dari Adobe Reader, yakni versi 9.5.5.

Advertisements
Adobe Reader Tak Lagi Dukung OS Linux | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better