7 Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas

SilangHati.com – Gitar merupakan salah satu jenis alat music yang dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan jari atau plectrum. Gitar merupakan jenis alat music yang memiliki penggemar yang banyak.  Banyak yang mempelajari alat music ini, baik dari kalangan anak muda hingga dewasa. Nada-nada indah yang dikeluarkan alat music ini mampu menghipnotis siapa saja yang mendengarkan.

Secara Umum alat musik gitar terbagi menjadi dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar listrik. Gitar akustik memiliki ciri khas berupa lubang pada bagian badan atau yang biasa disebut hollo body yang mampu menghasilkan bunyi-bunyi yang indah.

Cara Mengetahui Gitar Akustik Bagus

Sedangkan untuk gitar listrik, bunyi atau suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar yang mengalir dari nut dengan bridge yang kemudian dikuatkan oleh badan gitar sebagai lubang resonansi.

Gitar merupakan salah satu jenis alat music yang sering difavoritkan oleh banyak kalangan. Untuk bisa mempelajari cara menggunakan alat music ini Anda bisa mengikuti les music atau belajar dari teman Anda yang bisa memainkan gitar.

Atau Anda bisa mempelajarinya secara autodidak dari internet. Akan tetapi sebelum Anda belajar alat music gitar, pastikan terlebih dahulu bahwa gitar yang Anda miliki mempunyai kualitas yang bagus.

Berikut 7 tips cara memilih gitar akustik yang bagus:

  1. Sesuaikan dengan kantong Anda

    Hal yang paling utama dalam menentukan jenis gitar yang akan Anda pilih adalah besarnya budget yang Anda miliki. Semakin banyak budget yang Anda miliki, maka semakin leluasa pula pilihan yang akan Anda dapatkan.Tentu saja Anda bisa mendapatkan aneka gitar akustik dengan merek ternama, yang otomatis Anda akan mendapatkan jenis gitar akustik yang memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

    Berbeda halnya jika budget yang ada di kantong Anda terbatas maka Anda harus pandai-pandai memilih gitar dengan harga yang murah akan tetapi bisa menghasilkan bunyi yang bagus.

    Namun, harga yang murah biasanya adalah jenis gitar-gitar biasa yang tentunya akan berbeda kualitas dengan gitar dari merek ternama. Jika Anda menginginkan gitar yang bagus, sebaiknya Anda kumpulkan terlebih dahulu uang Anda agar bisa mendapatkan gitar bagus yang Anda inginkan.

  1. Tentukan Bahan Gitar

    Pemilihan jenis kayu yang digunakan untuk bahan body gitar akan sangat mempengaruhi suara yang dihasilkannya. Secara umum bahan gitar terbagi menjadi 3 jenis, yaitu  all laminated  biasanya berbahan triplek, laminated with solid top yaitu menggunakan kayu dan triplek, dan yang terakhir adalah all solid yaitu menggunakan 100% berbahan kayu.Jenis kayu yang  biasanya digunakan untuk membuat body gitar adalah kayu spruce, mahoni, rosewood, nato dan lain-lain. Masing-masing kayu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Yang pasti, jenis kayu yang digunakan untuk membuat gitar akan menghasilkan suara yang berbeda-beda.

    Untuk menghasilkan kualitas suara yang paling bagus adalah jenis gitar yang terbuat dari bahan full kayu karena suara yang dihasilkan akan lebih berat dan lebih bagus tentunya..

  1. Tentukan Senar Yang digunakan

    Di dalam gitar akustik terdapat dua jenis senar yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Dua jenis senar yang bisa Anda pilih yaitu senar steel dan senar nylon. Keduanya sama-sama akan menghasilkan nada-nada yang bagus akan tetapi hasilnya akan berbeda.Jika Anda lebih menyukai jenis music klasik maka lebih baik gunakan senar nylon saja. Sedangkan jika Anda lebih menyukai jenis music blues atau rock maka sebaiknya Anda gunakan senar steel saja.

    Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika Anda menyukai music klasik dan menggunakan senar steel atau sebaliknya, itu sah-sah saja. Karena pemilihan senar tergantung pada selera pemusik masing-masing.

    Jika Anda baru saja pertama kali menggunakan gitar dan menggunakan senar steel biasanya akan terasa sakit pada jari-jari Anda. Akan tetapi, lama-kelamaan rasa sakit tersebut akan hilang dan sudah terbiasa.

    Gitar yang menggunakan senar steel biasanya memiliki  neck gitar yang lebih kecil dan nyaman digenggam. Sedangkan gitar yang menggunakan jenis senar nylon biasanya memiliki ukuran neck gitar yang lebih lebar. Pilihan berada di tangan Anda, sesuai dengan selera yang Anda inginkan.

  1. Pilih Bentuk Body Gitar

    Setiap gitar akustik memiliki tonasi dan proyeksi suara yang berbeda-beda tergantung pada ukuran dan bentuk gitar tersebut. Gitar akustik terbagi atas berbagai macam ukuran dari yang kecil hingga memiliki body yang besar tergantung pada selera penggunanya.Pada body gitar juga dibedakan dari memiliki cutaway atau tidak. Cutaway merupakan bentuk lengkungan atau cekungan yang terdapat pada body gitar. Keberadaan cutaway selain berfungsi untuk mempercantik tampilan gitar, juga dapat mempermudah gitaris untuk memainkan nada-nada tinggi.

    Berdasarkan ukuran dan bentuk cutaway yang dimiliki, gitar terbagi menjadi delapan bentuk yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Delapan bentuk tersebut dimulai dari yang memiliki ukuran paling kecil hingga besar, yaitu polor, o concert, oo grand concert, ooo/om auditorium concerto model, small jumbo, dreadnought, dan yang terakhir jumbo. Pada ukuran dreadnought adalah gitar yang paling sedikit memiliki cutaway atau hamper tidak memiliki cekungan pada body gitarnya.

    Ada pula gitar akustik yang tidak memiliki cutaway atau lengkungan. Ada  yang berpendapat bahwa gitar akustik tanpa cutaway akan menghasilkan suara bagus dan jernih. Tapi dari semua ukuran tersebut yang pasti sesuaikan dengan kenyamanan Anda. Karena dengan kenyamanan Anda bisa bermain gitar dengan baik dan indah.

  1. Neck Gitar dan Fret Gitar

    Neck Gitar merupakan bagian leher gitar yang memanjang dan lurus dan terdapat fret-fret di dalamnya. Sedangkan fret adalah grip-grip pada gitar untuk menentukan tingkat nada yang memiliki jarak interval yang sudah ditentukan sepanjang fingerboard.Untuk memilih gitar yang bagus adalah gitar yang memiliki neck gitar lurus dan tidak mudah bengkok. Terdapat besi penyangga di dalam neck gitar atau yang biasa disebut truusord yang menjaga agar neck gitar  tidak mudah bengkok.

    Dalam memilih neck gitar pilihlah yang memiliki ukuran sesuai dengan genggaman tangan Anda agar Anda lebih nyaman dalam memainkannya.

  1. Pemilihan tuning Peg

    Dalam memilih tuning peg yang bagus, Anda harus memperhatikan secara cermat dan teliti agar bisa mendapatkan hasil yang akurat dalam menyetem senar gitar.Tuning peg yang bagus biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang tidak mudah berkarat dan mengkilap. Tuning peg yang tidak bagus biasanya tidak memiliki keakuratan dalam menyetem senar Sehingga nada-nada yang dikeluarkan pun akan fals.

  1. Cek suara

    Dalam memilih gitar yang memiliki kualitas yang bagus memang sedikit sulit. Salah satu hal yang paling penting saat memainkan gitar akustik adalah feel yang Anda rasakan saat Anda memainkannya. Lakukan cek sound pada gitar yang Anda pilih, dengarkan secara cermat dan teliti agar bisa mendapatkan gitar dengan intonasi yang pas.

Demikian ulasan mengenai tips untuk memilih gitar akustik yang berkualitas bagus. Dalam memilih gitar yang paling utama adalah kenyamanan saat Anda mainkan jadi pilihlah gitar yang sesuai dengan selera Anda, karena setiap orang memilki selera yang berbeda-beda.

Advertisements
7 Tips Cara Memilih Gitar Akustik Yang Berkualitas | Hibran Mus | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better