7 Tempat Wisata di Jogjakarta yang Paling Hits

SilangHati.com – Jogjakarta memang dikenal sebagai kota pelajar. Jogjakarta kini memang sudah menjadi sangat padat dengan berbagai kendaraan dan pertumbuhan ekonomi yang amat pesat. Tengok saja beberapa kos kosan yang tumbuh subur di sepanjang jalan menuju kota 1000 kampus ini.

Namun, menariknya meskipun Jogjakarta semakin banyak pendatangnya, kota ini tak pernah kehilangan ciri khasnya sebagai kota yang berbudaya. Apalagi dengan statusnya sebagai daerah Istimewa yang masih dipimpin oleh seorang Sultan.

Untuk bisa ke Yogyakarta dengan mudah dan murah kamu bisa memanfaatkan promo harga tiket pesawat lion air. Salah satu triknya sebetulnya sangat mudah untuk mendapatkan tiket pesawat murah ke Yogyakarta. Cobe cek juga tiket pesawat termurah di Reservasi.com.

Penelusuran Yogjakarta

Jogja seakan tak pernah mau berhenti berkembang. Salah satunya adalah pariwisata Jogja yang semakin berkembang hingga ke pelosok desa. Jika ditanya apa saja tempat wisata di Jogjakarta yang paling hits, berikut jawabannya!

1. Jalan Malioboro

Kalau di London kita kenal Abey Road, nah di Jogjakarta pasti semua wisatawan akan mampir di Jalan Malioboro. Jalan Maliboro sudah menjadi trade mark Jogjakarta. Apalagi lokasinya sangat strategis hanya selemparan batu dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

Malioboro bukan hanya tempat belanja oleh-oleh khas Jogjakarta tapi juga sebagai cerminan kehidupan Jogja yang toleran dan memiliki ciri khas tradisional ditengah serbuan modernitas. Malioboro mengenalkan warung sederhana yang selama ini menjadi sumber kehidupan bagi para pekerja di Malioboro dan juga tempat nongkrong pelajar, warung angkringan.

Salah satu yang juga khas di Malioboro adalah warung-warung lesehan yang tidak hanya menawarkan makanan khas Jogja berupa gudeg tapi hampir semua kuliner nusantara tersedia meskipun punya cita rasa yang mengikuti selera lokal, manis.

Jika kamu kuat untuk berjalan dari stasiun Tugu, kamu akan dimanjakan oleh beberapa pedagang kaki lima yang menjajakan aneka ragam oleh-oleh khas Jogja mulai dari kerajinan tangan, batik, hingga makanan yang pas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Diakhirnya dengan foto-foto di Benteng Vredeburg yang masih kokoh dan terawat. Baiknya pula carilah hotel dekat Malioboro agar lebih mudah akses jalan-jalannya tanpa khawatir harus terjebak kemacetan saat akhir pekan.

2. Keraton Yogyakarta

Sebagai bagian dari pemerintahan dan sekaligus kesultanan yang masih berjalan, tempat satu ini memang wajib dikunjungi untuk melihat sejarah kerajaan Mataram dan kehidupan keluarga kerajaan pada masa kini.

Salah satu yang menarik di Keraton Yogyakarta adalah lukisan Sultan Agung yang fenomenal. Pasalnya jika dilihat secara sekilas, mata sultan akan melirik kemanapun kamu berdiri. Begitu juga dengan ujung kakinya yang seolah selalu menghadap siapapun yang melihatnya secara simetris.

3. Pemandian Keluarga Raja Taman Sari

Inilah salah satu tempat yang disebut-sebut sebagai kota di bawah air. Mengapa disebut demikian? Karena memang ada sebuah terowongan di bawah permukaan air yang berujung pada sebuah masjid di bawah tanah.

Hingga kini keberadaan masjid di bawah tanah ini masih menjadi tempat wisatawan muda untuk selfie ataupun sebagai tempat favorit pengambilan foto prewedding.

Menariknya ada sebuah lorong yang ditutup oleh pengelola. Konon katanya, jalan tersebut terhubung pada lorong rahasia yang akan berujung di pantai selatan. Jalan inilah yang sering digunakan sultan sebagai jalan rahasia menuju pantai Parangtritis. Begitu juga dengan misteri sebuah jalan yang akan mengantarkan langsung ke kaki gunung Merapi di bagian utara.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Salah satu taman paling edukatif di Yogyakarta adalah Taman Pintar Yogyakarta. Alasan dibalik itu semua karena Taman Pintar Yogyakarta punya beberapa peraga dalam bidang IPTEK. Salah satu terobosan yang bisa ditiru di daerah lainnya.

Beginilah seharusnya mengenalkan dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak. Caranya dengan mengajak mereka belajar sambil bermain. Taman Pintar Yogyakarta ini buka sejak pagi hingga sore hari. Lokasinya dekat dengan Malioboro kok.

5. Pantai Parangtritis

Boleh saja wisatawan bosan dengan Pantai Parangtritis karena sekarang memang sudah cukup banyak pantai indah yang tersembunyi di Yogyakarta. Namun, kehadiran pantai Parangtritis tidak bisa dilupakan begitu saja.

Pantai Parangtritis masih termasuk primadona tempat wisata di Yogyakarta. Selain bisa bermain air, sudah banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Parangtritis. Diantaranya adalah bermain ATV, menunggang kuda atau menaiki andong sambil berkeliling pesisir pantai yang berwarna abu-abu.

6. Kebun Binatang Gembiraloka

Tak berbeda jauh dengan Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta. Kebun Binatang Gembiraloka termasuk tempat wisata di Yogyakarta yang masih eksis dan termasuk tempat wisata favorit di Yogyakarta.

Selain bisa melihat-lihat koleksi satwa, pengunjung juga bisa menaiki beberapa wahana permainan. Jika lelah berkeliling kebun binatang, pengelola sudah menyediakan kereta gandeng yang akan membawa wisatawan berkeliling kebun binatang.

7. Museum Affandi

Yogyakarta memang tak bisa dilepaskan dengan kegiatan seni. Banyak seniman lahir di jalanan yang kemudian namanya harum di Indonesia. Salah satu seniman terkemuka di Yogyakarta yang namanya harum sampai saat ini adalah Affandi.

Museum Affandi memiliki lebih dari 300 karya seni termasuk lukisan-lukisan karya Affandi semasa hidup. Sebagai pecinta sejarah dan seni, sudah sepatutnya Museum Affandi menjadi salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi pertama kali karena tempatnya dekat dengan Bandara.

Advertisements
7 Tempat Wisata di Jogjakarta yang Paling Hits | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better