7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Penurunan Fungsi Otak

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Penurunan Fungsi Otak

Home

»

Lifestyle

»

Kesehatan

insomnia

Menjaga kesehatan otak bukan hanya dilakukan dengan memberikan nutrisi yang cukup dari makanan. Lebih dari itu, fungsi otak juga mesti dirawat dengan melakukan berbagai aktivitas yang dapat mendukungnya. Beberapa kebiasaan buruk justru bisa berdampak kurang baik bagi peningkatan kerja otak.

Dikutip laman Okezone dari Boldsky, berikut kebiasaan buruk yang dapat memicu penurunan fungsi otak:

  1. Kurang dan kebanyakan tidur. Berlebihan tidur dan kekurangan waktu tidur sama-sama tidak baik bagi otak. Keduanya dapat memicu depresi dan masalah mental lainnya. Penyakit yang bisa muncul risikonya adalah diabetes mellitus. Cukupi waktu tidur sekitar 6-8 jam per hari.
  2. Minum alkohol. Minuman memabukkan ini membuat otak gampang mengalami kegelisahan, cemas, dan depresi.
  3. Jarang berolahraga. Pengaruhnya pada otak yaitu menyebabnya seseorang rentan mengalami stres yang mengarah pada penyakit mental.
  4. Stres secara langsung memengaruhi kerja otak. Orang jadi sulit berkonsentrasi dan turut menimbulkan masalah bagi fisik seperti hipertensi dan peningkatan gula darah.
  5. Merokok. Racun rokok menyerang ke mana-mana di dalam tubuh seseorang. Sel-sel otak dimungkinkan mengalami degenerasi dengan cepat yang berakibat pada penurunan fungsi kognitif otak.
  6. Suka dengan junk food. Makanan seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan berlemak tinggi lainnya dapat menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah. Plak kolesterol yang menyumbat pembuluh darah menuju otak menyebabkan asupan oksigen terganggu. Akibatnya pikiran sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan berisiko stroke.
  7. Jarang bersosialisasi. Pikiran yang jarang gunakan untuk bersosialisasi dengan lingkungan cenderung kurang kreatif. Lingkungan dapat memengaruhi peningkatan fungsi otak saat seseorang terjun ke dalamnya.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Penurunan Fungsi Otak | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better