66% Penduduk Indonesia Belum Melek Internet

Internet Indonesia

Jumlah pengguna internet di Indonesia menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada sepanjang tahun 2014 tercatat 88 juta. Angka itu setara dengan 34 persen. Dengan demikian, ada 66% penduduk Indonesia yang masih belum “melek” internet.

Berdasar survei yang dilakukan pada tahun lalu, penduduk Indonesia yang sudah online menembus 88 juta orang. APJII melakukan survei bersama Pusat Kajian Komunikasi (Puskakom) Universitas Indonesia yang mendata 7.000 rumah tangga di seluruh provinsi di Tanah Air.

Berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut jika penduduk Indonesia pada tahun 2014 mencapai 252 juta jiwa. Dengan jumlah pengakses internet 88 juta maka bisa disimpulkan angka penetrasinya baru mencapai 34 persen.

Dalam Millenium Development Goals (MDGs) yang menargetkan mennyaratkan akses internet di negara berkembang pada tahun 2015 harus mencapai angka 50% dari total penduduknya. Ini juga termasuk Indonesia. Dengan standar tersebut semestinya jumlah pengguna internet di Tanah Air seharusnya mencapai 125 juta hingga 130 juta pada akhir tahun 2015.

Samuel A. Pangerapan selaku Ketua Umum APJII berujar, sulit bagi pemerintah untuk mengejar target MDG dengan penetrasi internet 50% pada akhir 2015. Jika melihat tren yang ada, sukar diwujudkan.

“Kalau hanya mendekati mungkin bisa, angkanya bisa 40-42 persen di akhir tahun 2015 nanti,” sambung Samuel.

Advertisements
66% Penduduk Indonesia Belum Melek Internet | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better