6 Cara Merawat Kulit Tampak Muda

6 Cara Merawat Kulit Tampak Muda

Home

»

Lifestyle

»

Fashion

kulit sehat

Kulit yang kencang dan tampak muda tidak bisa dilepaskan dari protein bernama kolagen. Dari sinilah kulit ditentukan terkait elastisitasnya. Semakin banyak produksi kolagen, kulit terasa makin kencang. Sebaliknya kalau ada faktor yang membuat produksi kolagen menurun, tanda penuaan diri mulai terlihat.

Dikutip dari laman Times of India, ada berbagai cara untuk mempertahankan kolagen di kulit Anda. Begini caranya:

  1. Menyukupi asupan vitamin C. Vitamin C berguna untuk pembentukan kolagen. Dengan vitamin ini, asam amino dapat bekerja membentuk protein. Usahakan memperoleh vitamin C dari cara alami misalnya dengan mengonsumsi brokoli, cabai, kubis, tomat, kiwi, dan sebagainya.
  2. Jangan merokok. Baik menjadi perokok aktif maupun pasif, dapat mendorong efek penuaan. Racun rokok memicu terbentuknya enzim matrix metalloproteinase yang akan merusak kolagen di kulit.
  3. Hindari sering terkena sinar matahari. Sinar ultraviolet matahari yang terlalu lama memapar di kulit akan merusak kolagen. UVA, terutama, dapat menembus sampai jauh ke dalam kulit dan merusak struktur pendukung produksi kolagen. Pakai tabir surya kalau berpergian ke luar.
  4. Jauhi makanan manis. Berlebihan gula pada tubuh menyebabkan penuaan dini. Gula dalam darah menempel pada lipid, asam nukleat, dan protein terutama kolagen, lalu membentuk produk akhir glikasi lanjutan yang menyebabkan kulit keriput.
  5. Konsumsi makanan kaya antioksidan. Misalnya jeruk, teh hijau, sayuran hijau, brokoli, semangka, dan sebagainya yang memiliki antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.
  6. Pijatan member efek pada produksi kolagen. Pemijatan turut membantu merangsang kelenjar getah bening untuk memromosikan kulit yang lebih kencang.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
6 Cara Merawat Kulit Tampak Muda | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better