6 Cara Merawat Kucing Persia yang Hamil

kucing hamil

Jika Anda memiliki peliharaan kucing persia betina, maka akan menjadi sebuah kebahagiaan jika kucing Anda itu hamil. Bayangkan betapa menyenangkannya kelak saat Anda mendapat bonus anak kucing yang lucu dan menggemaskan.

Masalahnya, menjaga dan merawat seekor kucing yang sedang hamil pasti berbeda dengan memelihara kucing yang tak hamil. Anda harus memberi lebih banyak nutrisi agar kehamilannya berjalan lancar, janinnya sehat, dan ia dapat melahirkan dengan selamat.

Seekor kucing umumnya akan hamil selama 60-65 hari dari sejak ia pertama kawin atau pembuahan. Jagalah agar ia tak berjalan terlalu jauh, apalagi sampai ke jalanan. Nah, berikut ini tips merawat kucing yang sedang hamil, seperti dilansir oleh laman Boldsky:

Kucing hamil pasti membutuhkan lebih banyak nutrisi, sehingga Anda harus memberi jenis makanan yang lebih lengkap. Memberi wet food selain dry food juga baik bagi kehamilannya. Jangan lupa vitamin dan mineral serta kalsium untuk kucing tersebut. Memberi susu juga bisa dilakukan sebagai tambahan.

Menjaga agar kucing tak berkeliaran terlalu jauh adalah hal yang harus Anda lakukan juga. Kucing hamil juga bisa keguguran jika banyak bergerak atau berlari, lho. Baiknya sih masukkan di kandangnya untuk membuatnya tak banyak bergerak. Sesekali keluarkan juga tak apa, namun tetap di dalam rumah.

Selama kehamilan, baiknya jauhkan dari kucing lain, apalagi pejantan atau kucing yang galak. Kucing hamil juga rawan stres, lho. Apalagi jenis kucing hias seperti persia.

Kucing biasanya memiliki sebuah tempat nyaman di mana ia akan sering berbaring atau bermain di spot itu. Berilah kucing Anda sebuah tempat nyaman dan alasi dengan karpet atau kain yang ia sukai.

Cek secara rutin kehamilannya ke vet atau dokter hewan, untuk memastikan kitten dalam kandungannya sehat.

Setiap kucing yang hamil ada baiknya diberi vaksin untuk menjaga ia tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Jadi, anak-anaknya juga akan tumbuh sehat kelak.

Advertisements
6 Cara Merawat Kucing Persia yang Hamil | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better