6 Anggapan Salah Tentang Makan Coklat

coklat1

Cokelat selama ini banyak menyimpan mitos atau anggapan yang salah, walau tak sedikit yang mengabaikan mitos ini dan tetap mengonsumsinya tanpa ragu. Aroma dan rasa cokelat yang khas memang dapat membuat penikmatnya terbuai.

Namun tak ada salahnya Anda ketahui juga berbagai anggapan salah yang beredar di masyarakat mengenai cokelat, sehingga bisa turut mengabaikannya. Jadi, apa saja mitos tentang cokelat tersebut? Care2 meluruskannya untuk Anda:

Banyak yang menganggap cokelat adalah makanan kaya lemak, sehingga enggan memakannya karena takut gemuk. Namun sebenarnya lemak yang dikandung cokelat hitam hanya 12 gram per 100 gramnya, sedang cokelat bubuk hanya 1 gram per sendok. Berbeda jika Anda mengonsumsi permen cokelat, yang membuatnya menyimpan lemak adalah komposisi bahan lain seperti susu dan gula.

Cokelat sering dianggap tak bergizi, padahal dalam cokelat hitam terdapat zat besi yang cukup tinggi. Ada pula protein nabati, serta mineral seperti magnesium, fosfor, tembaga, mangan, serta serat.

Kafein dalam cokelat sangat rendah, hanya 22,4 mg per 1 ons. Ini sangat jauh bila dibandingkan dengan kafein dalam secangkir kopi yakni 142 mg kafein.

Mengonsumsi permen cokelat memang dapat membuat gigi ditumbuhi plak, apalagi bila seusainya tak disikat dan dibersihkan. Namun yang membuat gigi rusak itu bukan coklatnya, melainkan campuran gula di dalam permen cokelat. Sedangkan untuk cokelat bubuk atau cokelat hitam, tidak.

Anggapan bahwa cokelat dapat menambah gairah di atas ranjang, itu juga mitos. Hingga kini dikatakan bahwa mitos tersebut belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Hanya saja efek dari makan cokelat yang membuat perasaan bahagia, rileks, dan santai, itu yang benar.

Cokelat bikin jerawat, itu tak benar. Yang mungkin benar adalah jika permen cokelat mengandung banyak gula, susu, dan lemak yang membuat kulit jadi rentan berjerawat.

Advertisements
6 Anggapan Salah Tentang Makan Coklat | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better