5 Kasus Pencemaran Nama Baik yang Bermula di Media Sosial

Media Sosial

Kasus pencemaran nama baik yang bermula dari media sosial jumlahnya tidak sedikit. Dari Prita Mulyasari hingga TrioMacan2000, dari sejumlah kasus itu ada pula yang berujung bui. Ini lima diantaranya.

1. Prita Mulyasari (Putusan MA bebas murni)

Kasus ini dumulai tatkala Prita Mulyasari menulis curhat melalui email ke teman-temannya. Dalam waktu singkat, email Prita kemudian menyebar luas di milis dan blog. Ia kemudian diduga mencemarkan nama baik RS Omni Internasional.

2. Benny Handoko (dihukum enam bulan dan masa percobaan satu tahun)

Lewat akun @benhan, Benny Handoko dilaporkan polisi oleh politisi Muhammad Misbakhun yang diduga cemarkan nama baiknya. Kejadian ini terjadi pada 8 Desember 2012. Lewat Twitter, Benny Handoko sempat menyebut Misbakhun sebagai perampok Bank Century.

3. Florence Sihombing (sempat ditahan)

Kasus ini mungkin paling gaduh di tahun ini. Kesal dan jengkel dengan perlakuan yang ia terima di satu SPBU di Yogyakarta, Florence Sihombing menghujat habis-habisan Kota Gudeg di Path. Imbasnya, yang bersangkutan di-bully dan berurusan dengan polisi.

4. Muhammad Arsad (proses)

Muhammad Arsad alias Amien ditahan Bareskrim Mabes Polri karena menghina dan mencemarkan nama baik Presiden Joko Widodo di Facebook. Yang bersangkutan mengunggah foto korban dan diolah sedemikian rupa dengan foto model porno tanpa busana dengan pelbagai adegan.

5. TrioMacan2000 (proses)

Akun Twitter yang satu ini jangan ditanya. Di linimasa kicauannya terkenal buat siapa saja mendidih khususnya pejabat atau politisi. Terkini, satu admin TrioMacan2000 ditangkap Bareskrim Mabes Polri akibat dugaan lakukan pemerasan pada satu petinggi Telkom.

Advertisements
5 Kasus Pencemaran Nama Baik yang Bermula di Media Sosial | Pendi Dikan | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better