5 Ide Investasi Berisiko Rendah yang Menguntungkan untuk Masa Tua

SilangHati.com – Modern ini, Semakin banyak kita lihat anak muda yang kurang peduli terhadap orang tua mereka. Atau karena tuntutan hidup dan pekerjaan, seorang anak terpaksa harus tinggal jauh dari orang tuanya sehingga mereka tidak sempat mengurus orang tua. Dan sebagai orang tua, kadang kita merasa ingin anak bisa dekat dan hidup dengan kita, apalagi ketika usia yang senja sudah mulai menggerogoti kemampuan kita mata tak lagi awas, pendengaran berkurang, pergerakan tidak lagi lincah, dan lain sebagainya. Namun apa daya, berbagai bentuk kesusahan tersebut harus kita tanggung sendiri.

Di samping berbagai hal tersebut, sebagai orang tua kita juga harus memikirkan mengenai ekonomi setelah tak lagi bisa bekerja, yang akan menghidupi kita hingga akhir hayat. Apabila tidak ada investasi, hidup akan jadi sangat sulit di masa tua. Terlebih jika tidak ada kiriman dari anak atau sanak saudara. Untuk itu, mulailah berinvestasi sejak dini agar hasilnya bisa dituai ketika tua nanti.

Bagi kamu yang masih mencari-cari ide investasi yang resikonya rendah tapi cukup menguntungkan, kamu bisa melirik beberapa alternatif berikut ini.

Investasi Berisiko Rendah

Investasi emas bisa jadi pilihan tempat untuk investasi jangka panjang

Logam mulia ini dianggap sebagai investasi yang lumayan menguntungkan tapi beresiko sangat rendah. Kamu bisa menabung emas di pegadaian atau di bank. Jenis emas yang banyak ditabung adalah emas batangan seperti merek Antam misalnya. Untuk memulai, kamu hanya perlu mencari tempat jual emas Antam yang asli dan murah.

Berikut adalah beberapa kelebihan investasi emas:

  • Mudah didapatkan. Tidak hanya emas batangan, Kita juga bisa membeli emas dalam bentuk perhiasan.
  • Mudah diuangkan. Ketika membutuhkan uang, kamu bisa jual emas Antam langsung di toko online, di bank, hingga di toko emas pada umumnya
  • Harganya terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun
  • Tidak mudah rusak dan hancur

Investasi di bidang properti

Walaupun tidak semudah jual emas Antam, properti bisa jadi pilihan investasi lainnya yang menjanjikan dengan resiko rendah. Pasalnya, setiap tahun ada banyak keluarga baru yang membutuhkan tempat tinggal baru. Sama seperti harga emas, harga properti juga terus naik dari tahun ke tahun.

Investasi dengan Membeli tanah

Tidak jauh berbeda dengan properti, tanah juga bisa dijadikan sebagai investasi yang menguntungkan. Hanya saja, modal untuk berinvestasi tanah jauh lebih rendah dibandingkan dengan properti.

Tabungan berencana/deposito

Jika kamu merasa hidup sangat boros atau biaya hidup yang kamu keluarkan sangat besar dari bulan ke bulan, kamu perlu berpikir ke depan seperti yang diungkapkan pada bagian introduction. Karena tidak selamanya kamu bisa kaya. Karena hidup ini seperti halnya roda yang berputar. Kadang kita berada di atas dan sekali waktu kita pun bisa berada di bawah.

Biasakan diri menabung sejak usia muda walaupun jumlah uang yang kamu tabung tidak terlalu besar. Namun seperti yang kita tahu, tabungan tersebut akan jadi banyak juga. Kuncinya adalah pada konsistensi.

Karya seni dan barang antik

Mungkin banyak di antara kamu yang tidak berpikir bahwa karya seni dan barang antik bisa menjadi ide investasi berisiko rendah yang sangat menguntungkan di masa tua. Seperti halnya kamu, orang di luar sana juga banyak yang tidak memasukkan karya seni dan barang antik sebagai ide investasi yang brilian.

Hal itu wajar karena barang antik dan karya seni memiliki ruang lingkup yang lebih terbatas jika dibandingkan dengan investasi pada poin poin sebelumnya. Tapi ingat, harga karya seni maupun barang antik cenderung naik dari waktu ke waktu.

Karya seni misalnya, ketika seniman yang membuatnya masih hidup kamu biasanya harganya tidak terlalu mahal. Tapi ketika Sang Maestro telah meninggal, karya seni tersebut akan menjadi barang langka yang unik dan berharga mahal. Begitu juga dengan barang antik. Seperti yang kita tahu kamu semakin tua usianya, semakin mahal harga barang tersebut.

Advertisements
5 Ide Investasi Berisiko Rendah yang Menguntungkan untuk Masa Tua | Bisman Syah | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better