5 Hal Ini Pemicu Munculnya Bau Badan

bau badan

Bau badan ternyata tak hanya disebabkan karena kebiasaan Anda yang jarang mandi, atau bakteri yang berkembang biak di bagian ketiak saja. Namun ada beberapa hal lain yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda sendiri.

Misalnya kebiasaan meminum minuman beralkohol, atau berkafein. Hal ini disebutkan dari hasil studi yang dilakukan oleh Columbia University. Kafein dan alkohol bersifat asam, dan memicu proses prespirasi, melebarkan pembuluh darah di kulit, sehingga aroma khas akan lebih tercium jika Anda mengonsumsinya.

Selain itu dilansir oleh laman All Women’s Stalk, berikut beberapa sebab lain bau badan bisa muncul:

Beberapa jenis obat akan memberi efek munculnya bau badan yang lebih tajam. Ini didasarkan oleh penelitian dari Mayo Clinic, bahwa obat sejenis Tylenol akan memicu seseorang berkeringat dan bau badannya lebih tajam.

Biasanya bila Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, maka bau badan akan mulai tak sedap. Ini karena magnesium berfungsi juga mengurangi aroma tubuh seseorang. Makanan yang mengandung magnesium antara lain kacang mede, almond, wijen, serta cokelat hitam.

Pelaku diet umumnya akan mengurangi jenis asupan karbohidrat. Makin sedikit karbohidrat yang Anda konsumsi, maka bau badan akan makin kuat. Ini akibat makin rendahnya kadar ketone dalam darah. Ketone adalah zat yang dilepaskan jika Anda mengonsumsi karbohidrat.

Konsumsi daging juga jadi biang bau badan. Dalam proses pencernaannya, daging butuh lebih banyak waktu di saluran pencernaan, sehingga tubuh akan lebih banyak memproduksi asam amino. Sisa residu itu akan membuat bau tak sedap, apalagi jika bakteri sudah ikut serta.

Sayuran dengan kadar sulfur yang tinggi seperti brokoli, kembang kol, serta jenis kubis juga bisa memicu munculnya aroma tak sedap di badan.

Advertisements
5 Hal Ini Pemicu Munculnya Bau Badan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better