5 Fakta Unik Tentang Coklat

5 Fakta Unik Tentang Coklat

Home

»

Lifestyle

»

Kuliner

makan coklat

Siapa tidak suka coklat? Makanan ini kerap disebut “makanan para dewa” karena kenikmatannya memang sangat menggoda. Dibuat makanan maupun minuman sama enaknya. Apalagi coklat yang mengandung minim gula memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk menunjang kesehatan fisik dan mental.

Tahukah Anda? Di balik nikmatnya coklat, ada fakta unik yang asik untuk diketahui. Dikutip dari laman Deccanchronicle, inilah kisah menarik dari coklat:

  1. Coklat pernah digunakan sebagai mata uang di masa suku Aztec dan Maya. Selain menjadikan coklat sebagai minuman hangat, masyarakat suku Aztec dan Maya membuat coklat kacang yang dipakai untuk alat barter. Coklat kacang ini ada yang ditukarkan dengan barang lain maupun jasa seseorang.
  2. Coklat membuat pikiran menjadi bahagia. Ini tidak lepas dari kandungan triptofan yang ada pada coklat. Zat ini memengaruhi produksi hormon endorphin dan serotonin di otak yang bertugas memberikan perasaan senang dan mood positif.
  3. Di Amerika, masyarakatnya mengonsumsi coklat dengan jumlah separuh dari produksi coklat dunia. Jumlah konsumsi coklat di sana kurang lebih 3 miliar pon.
  4. Coklat tidak menyebabkan kerusakaan gigi. Selama coklat dibuat dengan tambahan gula yang sangat sedikit atau tanpa gula sama sekali, kandungannya tidak membuat gigi rusak. Pemicu kerusakan adalah tambahan gula. Kimia pada coklat justru bermanfaat melawan bakteri mulut.
  5. Coklat bisa membuat orang mendapatkan perasaan seperti sedang jatuh cinta. Zat yang memicu hal tersebut adalah phenylethylamine. Fungsi zat ini bersama dengan endorphin membuat perasaan seseorang terasa membaik secara keseluruhan mirip orang kasmaran. Oleh sebab itu, makan coklat murni cocok untuk menurunkan rasa stres.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
5 Fakta Unik Tentang Coklat | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better