5 Cara Mencegah Ngantuk Saat Berkendara

5 Cara Mencegah Ngantuk Saat Berkendara

Home

»

Lifestyle

»

Otomotif

mengantuk

Kondisi yang membuat aktivitas berkendara terganggu sebaiknya diatasi terlebih dahulu, terutama masalah ngantuk dan kelelahan. Dua Faktor inilah yang kerap menjadikan berkendara dalam risiko tinggi mengalami kecelakaan. Mengantuk dan lelah menurunkan tingkat konsentrasi. Lengah beberapa detik saja kendaraan tidak bisa dikendalikan.

Dikutip dari Detik Oto, ada beragam cara untuk memulihkan diri dari rasa ngantuk maupun lelah untuk tujuan berkendara. Begini pilihannya:

  1. Menepi di tempat aman dan berikan waktu istirahat untuk tubuh. Mengendara lama, sekitar 3-4 jam tanpa henti, sebaiknya diselingi dengan istirahat. Kala itu tubuh mulai kehilangan konsentras dan mata lelah. Sempat istirahat walau hanya 15 menit dan lakukan peregangan tubuh. Kalau perlu, tidur singkat selama 5-10 menit mampu mengisi kembali energi dan konsentrasi yang hilang.
  2. Minum kopi. Reaksi kafein pada kopi cukup cepat dirasakan untuk menyegarkan pikiran dan mengurangi kantuk. Namun ada saran untuk mengoptimalkan manfaatnya. Setelah minum kopi, sempatkan tidur sebentar beberapa menit (ssekitar 15 menit). Setelah itu, Anda akan merasakan manfaat ganda dari kafein ditambah dengan kembalinya kebugaran usai tidur.
  3. Sebelum berkendara yakinkan Anda sehat. Hindari berkendara dengan kondisi tubuh sakit atau kurang enak badan. Biasanya ketika kondisi tubuh seperti itu muncul rasa kantuk dan membahayakan keselamatan saat berkendara.
  4. Jangan lupa makan dan bawa bekal. Salah satu penyebab kantuk adalah lapar. Mengisi perut dengan makanan cukup penting. Sementara itu, membawa bekal makanan saat berkendara jauh menjadi solusi kala lapar menyerang.
  5. Pasang sabuk pengaman dengan benar. Sabuk pengaman pada mobil dapat mengingatkan tubuh untuk selalu waspada. Pasalnya, gerakan tubuh dioptimalkan untuk tujuan berkendara. Hindari memakainya secara kencang karena dapat menganggu jalan pernapasan.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
5 Cara Mencegah Ngantuk Saat Berkendara | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better