5 Cara Alami Mengatasi Sinusitis

sinusitis

Sinusitis atau infeksi sinus sangat menyiksa. Di sekitar hidug terasa sangat sakit akibat terjadi peradangan. Bernapas pun menjadi agak berat. Infeksi sinus kerap diobati dengan resep antibiotic, steroid, dan obat-obatan antiradang. Dalam beberapa kasus infeksi ini bahkan mesti diselesaikan dengan tindakan bedah.

Selain makan obat, pasien infesi sinus juga mesti menghindari berbagai makanan yang bisa memicu produksi lendir d hidung. Mereka bisa melakukan serangkai pendukung pengobatan agar sinus bisa normal seperti sedia kala.

Dikutip dari laman Care2, berikut ini beberapa cara agar pengobatan infeksi sinus bisa segera menemui kesembuhan:

  1. Mengatut pola makan. Selama infeksi berlangsung disarankan mengonsumsi bij-bijian, lentil, dan sayuran yang dimasak ringan. Makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, coklat, makanan gorengan, gula dan produk susu. Makanan tersebut memicu produksi lendir. Selain itu disaranka minum banyak air putih.
  2. Mengonsumsi herbal. Herbal yang cocok untuk membantu penyembuhan infeksi sinus adalah bawang putih, bawang merah, dan lobak. Makanan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk sup maupun masakan lain. Ketiga herbal ini membantu melarutkan dan menghilangkan lendir berlebihan.
  3. Mengalirkan air ke hidung dengan neti pot. Larutan satu sendok teh garam laut pada dua gelas air hangat di sebuah neti pot. Tempatkan ujung neti pot ke salah satu lubang hidung sembari memiringkan kepala ke sampaing, dan biarkan air mengalir dari satu lubang hidung ke lubang sebelahnya. Jangan gerakkan kepala sampai semua air telah selesai mengaliri hidung.
  4. Minum cuka apel. Larutkan 1-2 sendok teh cuka apel pada air secukupnya lalu tambahkan madu. Minum tiga kali sehari selama lima hari berturut-turut. Cuka sari apel membantu mengurangi lendir yang kental sehingga gampang dihilangkan.
  5. Mengonsumsi grapefruit atau jeruk besar. Jeruk ini ukurannya lebih besar dari jeruk umumnya dan lebih kecil dari jeruk bali. Biasanya warna daging buahnya beragam. Grapefruit memiliki sifat antibiotik kuat dan mampu menghambat pertumpuhan mikroba. Selai itu, saat ini ada semprot hidung dengan bahan dari ekstrak grapefruit. Anda bisa menyemprotkannya ke hidung.

Advertisements
5 Cara Alami Mengatasi Sinusitis | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better