4G LTE Indosat Sedang Diuji Coba di Jakarta, Ready di 23 Kota

Indosat

Indosat kini sedang uji jaringan 4G LTE secara terbatas di spektrum 900 MHz di Jakarta. Gelaran uji coba pre-commercial ini bertepatan dengan gelaran ulang tahun Indosat yang ke-47. Indosat sendiri sedianya ready menggelar 4G LTE di 23 kota. Namun, ada tapinya.

“Kami sebenarnya sudah 4G LTE ready di 23 kota. Tapi untuk sekarang ini baru sekadar free trial, pre-commercial,” jelas President Director & CEO Indosat Alexander Rusli.

Uji coba terbatas ini dilakukan di sekitar kantor Indosat di Thamrin, Jakarta. Rencananya uji coba jaringan 4G LTE itu juga akan diperluas ke pelbagai kota di Indonesia. Untuk sementara percobaan ini hanya bisa dinikmati pelanggan Indosat yang menggunakan kartu Matrix dan Mentari.

Secara infratsruktur jaringan, Indosat sedianya sudah siap. Namun, izin trial yang diberikan hanya terbatas di lingkup internal gedung Indosat saja. Dengan teknologi 4G LTE, Indosat bisa hadirkan kecepatan 185 Mbps menggunakan agregasi 10 MHz di 900 MHz dan 5 MHz di 1.800 MHz.

“Tapi untuk trial ini kami hanya gunakan 5 MHz,” imbuh Alex.

Sebelum Indosat lakukan gelaran uji coba 4G LTE, XL juga telah lakukan itu di Jakarta tepatnya di lima lokasi yakni di Kota Kasablanka dan Central Park, Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, XL Xplor Central Park, serta Graha XL.

Teknologi 4G LTE atau Long Term Evolution adalah akses data nirkabel di jaringan GSM yang disebut sebagai koneksi paling cepat dengan kecepan unduh hingga 300 Mbps. Kabarnya regulasi 4G LTE akhir tahun ini akan diterbitkan. Sehingga, mimpi netter Indonesia untuk cicipi koneksi ngebut bisa segera terwujud.

Advertisements
4G LTE Indosat Sedang Diuji Coba di Jakarta, Ready di 23 Kota | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better