4G LTE Indonesia Segera Terealisasi, Akhir 2014 Regulasi Diterbitkan

4G LTE

4G LTE Indonesia sebentar lagi bakal terealisasi. Pada akhir 2014, regulasi akan diterbitkan. Demikian penjelasan, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) belum lama ini. Apa dan bagaimana tentang perihal tersebut?

Layanan internet super cepat di generasi paling mutakhir menjadi salah satu langkah strategis yang ingin diselesaikan Menkominfo Rudiantara. Ia tidak ingin berlama-lama menunggu dan segera mengkomersialkannya pada akhir tahun ini. Namun, itu bisa terwujud jika regulasi selesai dirumuskan.

Menurut menteri suksesor Tifatul Sembiring itu, 4G LTE idealnya di frekuensi 1.800 MHz. Tapi, kata dia, yang paling siap di 900 MHz. Jadi, akhir tahun ini frekuensi tersebut akan coba dirilis ke operator yang di 900 MHz. Sehingga di penghujung 2014 sudah bisa dikomersilkan.

Dalam menghelat 4G LTE di 900 MHz Menkominfo akan mengizinkan operator seluler untuk memanfaatkan teknologi netral. Dengan teknologi tersebut memungkinkan operator menggelar dua teknologi jaringan dalam satu rentang frekuensi yang dimiliki. Misalkan 3G dan 4G.

Sementara perihal frekuensi 1.800 MHz, meskipun memang paling ideal namun sayangnya masih belum bisa digunakan. Sebab, frekuensi tersebut harus ditata ulang. Sejauh ini baru satu operator yang mengirimkan proposal untuk menata ulang frekuensi tersebut.

Ketika 4G LTE digelar, Rudiantara meminta operator memperhatikan ekosistem yang mendukung seperti ketersediaan perangkat. Misalkan saja kartu SIM seluler, hingga pusat layanan pelanggan yang dilatih guna layanan tersebut.

“Saya minta betul-betul komitmen operator dari sisi ekosistem,” tandasnya, Detik malansir Kamis (20/11).

Advertisements
4G LTE Indonesia Segera Terealisasi, Akhir 2014 Regulasi Diterbitkan | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better