4 Posisi Tidur dan Efeknya untuk Kesehatan

posisi tidur

Manusia menghabiskan hampir sepertiga usianya untuk tidur. Tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Sebaliknya, tidur yang kurang, tak berkualitas dan bermasalah dapat membuat kesehatan terganggu baik fisik maupun mental.

Posisi tidur yang pas termasuk salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Manusia umumnya selalu tidur dengan 4 posisi tidur yang sama, seperti yang dijelaskan di bawah ini. Masing-masing memberi efek sendiri bagi kesehatan, sehingga patut diketahui.

Dilansir dari Health Me Up, berikut ini arti posisi tidur Anda:

Kebanyakan ahli medis setuju bahwa ini adalah posisi tidur yang baik bagi kesehatan leher dan tulang belakang. Telentang tanpa bantal bisa membuat posisi leher lurus dan netral, sedang memakai banyak bantal akan membuat Anda sulit bernafas. Manfaatnya, wajah akan terhindar dari garis halus dan kerutan.

Posisi tidur ini juga nyaman, terutama bagi ibu hamil. Sirkulasi darah ke jantung pun lancar, serta mencegah terjadinya heartburn dan naiknya asam lambung atau reflux. Disarankan untuk tidur di sisi kanan tubuh, sebab sisi kiri adalah lambung. Jika Anda tidur di posisi kiri tubuh, maka ada tekanan ke lambung dan paru. Terlalu lama tidur dengan posisi miring juga bisa menyebabkan kram pada bagian tubuh yang tertindih.

Ini dipercaya merupakan posisi tidur paling buruk yang tak disarankan. Keuntungannya, Anda bisa hilangkan ngorok sementara jika tidur tengkurap. Namun leher Anda akan terasa pegal karena berpaling ke satu sisi selama tidur, serta perut menjadi sakit dan nafas sesak.

Meringkuk dengan kaki menekuk juga nyaman, namun dikatakan adalah posisi tidur terburuk kedua setelah tengkurap. Ini bisa sebabkan sakit punggung karena menekuk, kesulitan bernafas, dan otot terasa sakit atau pegal.

Advertisements
4 Posisi Tidur dan Efeknya untuk Kesehatan | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better