4 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Koma

0735412620X310

Koma adalah suatu kondisi di mana seseorang berada dalam keadaan tak sadar dalam waktu lama. Biasanya kita menyaksikan hal ini di film atau sinetron, di mana pemerannya mengalami kecelakaan dan bagian kepalanya terbentur.

Namun ternyata penyebab seseorang dapat mengalami koma tak hanya akibat benturan di kepala. Ada beberapa jenis penyakit yang juga menyebabkan penderitanya mengalami kondisi tak sadar dalam waktu lama.

Berikut ini 4 jenis penyakit yang dapat menyebabkan koma seperti dilansir oleh situs Health Me Up:

Kondisi trauma ini seperti contoh di atas, yaitu akibat kecelakaan atau benturan yang menyebabkan bagian kepala terbentur sehingga otak mengalami pendarahan atau luka. Ini membuat pasien kehilangan kesadaran dan mengalami koma. Waktu koma pun tak dapat ditentukan berapa lamanya, apakah hanya beberapa hari, bulan, bahkan bisa bertahun-tahun.

Serangan stroke pun menjadi penyebab koma yang sering terjadi. Ini dialami jika pembuluh darah arteri di otak mengalami penggumpalan dan menyumbat jalannya aliran darah. Kondisi tersebut membuat otak tak menerima asupan oksigen dan memicu koma.

Diabetes atau penyakit gula darah tinggi pun bisa membuat seseorang mengalami koma. Jika terjadi hiperglikemia atau hipoglikemia yang kronis, penderita bisa pingsan sampai mengalami koma.

Infeksi pada otak yang disebabkan penyakit meningitis juga bisa memicu koma. Ini akibat terjadi pembengkakan dalam otak dan mengakibatkan terhimpitnya berbagai syaraf di bagian vital dari otak. Salah satu contoh kasus adalah yang dialami oleh presenter kocak Olga Syahputra.

Saat seseorang mengalami kurang oksigen pun dapat memicu koma. Juga jika terkena racun dari berbagai macam sebab, koma juga bisa dialami. Jadi ada baiknya Anda berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Advertisements
4 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Koma | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better