4 Kerusakan Mobil yang Perlu Biaya Besar

4 Kerusakan Mobil yang Perlu Biaya Besar

Home

»

Lifestyle

»

Otomotif

reparasi mobil

Memiliki mobil juga mesti siap untuk mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan maupun perbaikan. Ada beberapa jenis kerusakan pada mobil yang ternyata memerlukan dana cukup besar untuk memperbaikinya. Kerusakan bisa kerena perawatan yang tidak teratur, salah penanganan, hingga keausan dari komponen yang rusak.

Dikutip dari Detik Oto, berikut kerusakan mobil yang memerlukan biaya perbaikan cukup besar:

  1. Kerusakan mesin. Penggerak dari mobil adalah mesin. Begitu ada bagian mesin yang rusak, memerlukan penggantian komponen yang harga lumayan mahal. Contoh kerusakannya adalah kebocoran oli, valve rusak, atau kopling rusak. Biaya penggantian komponen dapat mencapai belasan hingga puluhan juta. Kadang untuk mengganti komponen tersebut diperlukan penggantian komponen lain semisal radiator, sistem transmisi, hingga power steering. Penggantian yang tidak menyeluruh dimungkinkan mobil akan rusak lebih cepat.
  2. Kerusakan transmisi. Seringkali mobil yang memiliki transisi otomatis mengalami kerusakan karena masalah pada cairannya. Oli transmisi ini memang harus diperhatikan sekalipun penggantiannya tidak sesering ganti oli mesin. Tiap dua atau tiga tahun sebaiknya dilakukan penggantian oli transmisi agar tidak rusak. Biaya penggantian transmisi otomatis kalau sampai rusak bisa mencapai di atas Rp 10 juta. Untuk transmisi manual hanya berkisar beberapa juta.
  3. Kerusakan head gasket. Fungsi dari head gasket yaitu memastikan normalnya fungsi mesin. Komponen ini melekatkan silinder mesin sehingga tidak ada kebocoran di oli atau air pendingin. Kerusakannya paling banuak akibat tidak tepat dalam pemasangan, jarang dilakukan perawatan, hingga kerusakan pabrikasi. Kalau bagian ini rusak bisa mengakibatkan mesin terlalu panas, keluar asap putih di knalpot, warna oli berubah, dan bocornya air radiator. Mahalnya biaya lebih kepada efek kerusakan akibat rusaknya head gasket yang dapat mencapau jutaan sampai belasan juta. Penggantian head gasket sendiri lebih murah.
  4. Kerusakan kompresor AC. Kompresor inidapat mengalami kerusakan dengan berbagai sebab yang salah satunya bermasalah pada katup. Harga kompresor baru mencapai Rp 2 juta sampai Rp 6 juta mengikuti jenis kerusakannya dan tipe mobil. Kerusakan ini seakan menjadi bagian tidak terpisahkan dari mobil ber-AC.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
4 Kerusakan Mobil yang Perlu Biaya Besar | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better