4 Jenis Tanaman yang Bisa Bikin Nyamuk Minggat

marigold

Musim penghujan identik dengan nyamuk yang merajalela. Serangga kecil ini bukan saja bisa mengganggu tidur Anda, namun juga bisa memberi bibit penyakit yang berbahaya bagi keluarga di rumah. Jika Anda khawatir dengan keberadaan nyamuk dan rekan-rekannya tersebut, maka cobalah menanam jenis tanaman berikut ini.

Jenis tanaman ini adalah pengusir nyamuk alami yang dapat Anda tanam di sekeliling rumah. Selain aman bagi anak-anak karena tak mengandung bahan kimia, tanaman ini juga cantik dan bisa menambah keindahan taman di rumah.

Dilansir oleh laman Tribunnews, berikut ini tanaman yang bisa bikin nyamuk minggat:

Marigold adalah sejenis rumpun bunga yang aromanya tajam. Di Indonesia bunga ini sering disebut juga bunga tahi ayam, karena baunya yang menyengat. Walau bau, namun keindahan marigold bisa menambah semarak taman dan yang pasti juga membuat nyamuk kabur dari rumah Anda.

Bunga agerantum berwarna ungu kecil dan berumpun. Menanam bunga ini pot dan meletakkannya di sudut-sudut rumah dapat membantu Anda mengusir nyamuk dari hunian Anda. Ini karena zat bernama coumarin tidur yang terdapat dalam agerantum.

Bunga geranium memiliki ukuran yang lebih besar dari agerantum, dan memiliki beberapa jenis dengan aroma yang tajam dan berbeda-beda. Tanaman bunga ini bermanfaat menjauhkan nyamuk akibat baunya yang tajam jika daunnya digosok ke kulit.

Kedua tanaman ini kerap digunakan sebagai ramuan pengusir nyamuk dengan cara merendam daunnya dengan sedikit air. Gosokkan air rendaman ke kulit, dan nyamuk akan minggat. Ada juga citronella, kemangi, serta tansy yang mempunyai efek menjauhkan nyamuk dari rumah, karena aromanya yang tajam.

Advertisements
4 Jenis Tanaman yang Bisa Bikin Nyamuk Minggat | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better