4 Fakta Tentang Aroma Tubuh Manusia

aroma tubuh

Aroma tubuh manusia alias bau badan ternyata hanyalah hal alami yang sering dilebih-lebihkan keberadaannya oleh seseorang. Padahal aroma tubuh ini dihasilkan oleh bakteri yang tinggal di kelenjar keringat yang terletak di kulit dan berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh.

Pada wanita, ada dua macam kelenjar keringat di tubuhnya yakni kelenjar ekrin yang letaknya di seluruh tubuh, dan apokrin yang letaknya di folikel rambut (kepala, ketiak, selangkangan). Saat suhu tubuh meningkat, maka keringat akan terlepas dan keluar melalui pori-pori kulit.

Saat kondisi kulit basah dan lembab akibat keringat, maka bakteri pun mengeluarkan aroma yang khas dan berbeda pada masing-masing orang. Berikut beberapa fakta mengenai aroma tubuh manusia, seperti dilansir oleh laman Womens Health Mag:

Makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi seperti apa aroma tubuh seseorang. Misalnya bawang putih, bawang merah, rempah-rempah kari, itu adalah bahan makanan yang membuat aroma tubuh jadi lebih menyengat.

  • Terlalu bersih pun tak baik

Beberapa orang memakai produk kebersihan tubuh secara berlebihan, semisal sabun antibakteri, lulur, scrub, dan lotion yang semuanya anti bakteri. Belum lagi produk yang mengandung alkohol. Ini akan membuat kulit kering, dan malah merangsang timbulnya keringat lebih banyak lagi, dan tak menghilangkan bau badan.

Kondisi psikis seseorang berpengaruh pada kelenjar keringat. Makin stres, makin banyak keringat yang dikeluarkan oleh tubuh, makin bau aroma tubuhnya.

  • Bulu atau rambut bikin parah BB

Adanya rambut di kepala dan bulu ketiak, secara tak langsung memperparah aroma tubuh seseorang. Ini akibat bakteri yang hidup dan berkembang biak di sana akan lebih banyak lagi. Karena itu merapikan dan membersihkan rambut serta bulu dianjurkan untuk mengurangi aroma tubuh.

Fungsi dari deodoran adalah mengurangi keluarnya keringat di bagian ketiak, dan meminimalisir pertumbuhan bakteri. Ini yang membuat bau badan atau aroma tubuh dapat sedikit tertutupi jika memakai deodoran.

Advertisements
4 Fakta Tentang Aroma Tubuh Manusia | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better