4 Alasan Wanita Miliki Usia Lebih Panjang daripada Pria

wanita panjang umur

Wanita diklaim mempunyai harapan hidup atau usia yang cenderung lebih panjang daripada pria. Kesimpulan itu didapat oleh beberapa hasil studi yang dilakukan oleh ilmuwan. Salah satu yang menyebutkan hal tersebut adalah Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

CDC memberi laporan mengenai harapan hidup yang dialami oleh warga Amerika Serikat sudah masuk dalam kategori tinggi. Misalnya seorang wanita disana memiliki harapan untuk dapat hidup sampai usia 81,2 tahun.

Ini jauh lebih tinggi ketimbang harapan hidup yang dimiliki oleh seorang pria yang hanya mencapai 76,4 tahun. Dr Marianne Legato, seorang professor dari Emerita of Clinical Medicine di Columbia University College of Pshycians and Surgeons (CDC) menyebutkan hal tersebut.

“Secara biologis dan sosiologis, laki-laki memang kurang beruntung sejak mereka di kandungan. Hal itu berpengaruh pada waktu kematiannya,” tuturnya.

Dimuat oleh laman Fox News, ini adalah beberapa alasan mengapa wanita bisa miliki usia yang lebih panjang dibanding pria:

  • Wanita tak berani ambil resiko besar

Bagian otak bernama lobus frontal bekerja untuk membuat seseorang merasa bertanggung jawab, dan memperkirakan resiko yang akan dialami. Pada wanita, lobus frontal nya berkembang lebih pesat ketimbang pada pria yang lambat. Itu sebabnya kematian akibat cedera kecelakaan lebih banyak dialami pria. Wanita lebih pandai mengira-ira resiko dari kegiatan yang ia lakukan, termasuk resiko cedera.

Berdasar studi dari Brigham Young University, orang yang banyak teman memiliki resiko meninggal di usia mudanya lebih rendah ketimbang orang yang memiliki sedikit teman.

“Kebanyakan pria cenderung menahan stress dan rasa khawatir di hati mereka. Sedangkan wanita lebih mudah berbicara dan bergaul dengan orang lain,” ujar dr Legato.

Wanita lebih memperdulikan kesehatan dan menjaganya. Misalnya, wanita rajin kontrol ke rumah sakit untuk mengecek kadar kolesterol, ketimbang pria. Pria bahkan kerap tak mengakui bahwa mereka sedang sakit, serta menolak pergi ke dokter.

  • Wanita lebih kuat menghadapi resiko sakit jantung

Pada pria, penyakit jantung lebih berkembang dan banyak menjadi penyebab kematian di usia 30-40 tahun. Sedangkan wanita cenderung lebih mampu bertahan sebab ada kandungan hormon esterogen yang mereka miliki hingga usia menopause. Hormon ini membuat pembuluh darah lebih fleksibel dan kuat.

Advertisements
4 Alasan Wanita Miliki Usia Lebih Panjang daripada Pria | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better