3 Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Payudara

3 Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Payudara

Home

»

Lifestyle

»

Kesehatan

peduli kanker payudara

Deteksi dini kanker payudara perlu dilakukan. Tujuannya, jika didapati ada massa tidak normal yang tumbuh di jaringan payudara bisa segera diatasi. Awalnya mungkin lemunculan sebuah benjolan tumor tidak menganggu. Namun dalam jangka panjang dapat berubah menjadi tumor ganas yang disebut kanker.

Jika belum melakukan tes pap smear, cara alami yang bisa diterapkan untuk pengecakan kesehatan payudara seperti berikut:

  1. Pengecekan kanker payudara dapat dilakukan bersamaan dengan mandi. Caranya, angkat tangan pada payudara yang akan diperiksa. Dengan memakai tangan satung, lakukan perabaan dari luar menuju ke arah dalam payudara. Gerakan rabaan dilakukan dengan melingkar bertumpu di ujung jari. Kalau mendapati benjolan,atau ada bagian tebal atau menyimpul keras maka kemungkinan payudara telah memiliki sel tumor atau kanker. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter.
  2. Jika ingin cek payudara kala bercermin, lihatlah fisik utuh payudara. Lakukan pengangkatan kedua tangan ke atas dan perhatikan bentuk payudara. Jika melihat ada perbedaan kontur seperti terjadi pembengkakan, atau perubahan pada tekstur kulit, atau keanehan di putting mungkin perlu dicurigai.
  3. Berbaring. Lakukan tidur terlentang dengan nyaman. Taruh bantal di pundak kanan sebelah bawah dan iringi dengan meletakkan lengan kanan di belakang kepala. Lakukan pemeriksaan payudara kanan memakai tangan kiri. Gunakan gerakan melingkar dari luar ke arah dalam. Periksa juga ketiak dan payudara samping terhadap kemungkinan muncul benjolan. Pada puting, tekan dengan lembut. Kalau ada cairan yang tidak biasa atau muncul bendjolan ada baiknya segera periksakan. Hal ini berlaku juga untuk pemeriksaan payudara kiri.

All Rights Reserved © Sidominews 2014

Advertisements
3 Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Payudara | Mas Bud | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better