10 Layanan Google Berstatus Gagal Total

Google Plus

Google miliki sejumlah layanan oke yang laris manis dipakai jutaan netter di seluruh penjuru dunia. Tapi, Google juga punya produk gagal. Berikut disajikan 10 produk gagal tersebut.

1. Google Wave

Layanan ini disebut sebagai platform serbaguna. Tujuan utama Google Wave yakni guna penyuntingan kolaboratif secara real-time. Gagal karena di pasaran dikarenakan sulitnya penggunaan aplikasi yang kompleks.

2. Google Video

Sebelum ada Youtube, Google miliki layanan video mandiri bernama Google Video yang lahir di tahun 2005. Gagal karena Youtube masuk sebagai buah akuisisi USD 1,65 miliar.

3. SearchWiki, Knol, dan Sidewiki

Ketiganya dibesut untuk menandingi Wikipedia di tahun 2008. Layanan ini hadir lewat ekstensi peramban. Secara berturut-turut, SearchWiki, Sidewiki, dan Knol dihentikan pada tahun 2010, 2011, dan 2012.

4. Google Buzz

Hadir untuk mudahkan pengguna berbagi konten di laman web. Jika Twitter ada tombol tweet, FB hadir tombol share, maka Google Buzz punya tombil buzz. Gagal karena persoalan privasi dan tutup usia tahun 2011.

5. Google Notebook dan Shared Stuff

Kedua layanan di atas dilebur di layanan Google Docs dan Google Reader. Google Docs kemudian dilebur ke Google Drive sementara Google Reader harus dipensiunkan.

6. Jaiku

Miliki layanan mirip Twitter, awalnya bukan produk Google namun kemudian diakuisisi pada Oktober 2007. Satu rumor menyebut jika Jaiku tersingkir sebab Google fokus siapkan layanan jejaring sosial Google Plus.

7. Dodgeball

Merupakan hasil akuisisi, adalah layanan networking berbasis lokasi. User akan mengirim broadcast SMS ke user lain guna memberi tahu lokasi mereka. Berakhir tahun 2009 digantingan Google Latitude.

8. Google Print Ads dan Google Radio Ads

Sesuai namnya, iklan Google ini menyasar media cetak dan radio. Setelah lalui masa dua tahun uji coba, Google memutuskan mengakhirir setelah eksekutif tinggi media radio dan percetakan tidak berminat untuk mengubah sistem perikalanan mereka ikuti cara Google.

9. Google Answer

Serupa dengan Yahoo! Answer, Google Answer membutuhkan jawaban akurat mulai sumber, pola bahasa, dan seterusnya. Ini berbeda dengan layanan serupa milik Yahoo! yang memperbolehkan user menjawab bebas.

10. Google Lively

Memungkinkan internet jadi kehidupan nyata yang berikan kebebasan pada tiap orang untuk ‘hidup online’. Sayangnya banyak dijumpai bug, glitches, error, atau lag yang buat user tidak betah dan komunitas pun tidak terbentuk.

Advertisements
10 Layanan Google Berstatus Gagal Total | Komin Putet | 4.5

Leave a Reply

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better